Pemkab Jombang Raih Opini WTP 11 Kali Beruntun

author Syaiful Arif Koresponden Jombang

- Pewarta

Minggu, 05 Mei 2024 17:07 WIB

Pemkab Jombang Raih Opini WTP 11 Kali Beruntun

i

PJ Bupati Jombang Sugiat saat menerima penghargaan.  SP/Sarep

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Pemerintah Kabupaten Jombang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan BPK RI, Perwakilan Jawa Timur untuk kali ke 11 secara berturut turut.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 Kabupaten Jombang, dari Kepala Perwakilan BPK RI Jatim, Karyadi kepada PJ Bupati Jombang Sugiat dan Ketua DPRD Kabupaten Jombang Mas'ud Zuremi yang dilaksanakan di Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur pada Kamis (3/5/2024).

Baca Juga: Kota Mojokerto Raih "Digital Government Award" Kementerian PANRB

Penyerahan LHP atas LKPD Tahun 2023 ini terasa istimewa. Dengan mengusung tema "Kolaborasi dan Silaturahmi", seluruh undangan yang hadir mengenakan Pakaian Khas Daerah masing-masing. Serta membuka Bazar Icip Icip potensi UMKM masing masing Kabupaten/Kota.

PJ Bupati Jombang Sugiat, yang hadir bersama Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, mengenakan pakaian khas Kabupaten Jombang "Jombang Deles".

Selain itu Jombang juga mengusung produk makanan dan minuman unggulan seperti Kopi Wonosalam serta produk UMKM khas Kabupaten Jombang.

Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah merupakan tugas konstitusional BPK RI, yang bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan.

Baca Juga: 73 Polisi di Sidoarjo Terima Penghargaan

"Alhamdulillah, Kabupaten Jombang berhasil mempertahankan opini WTP selama 11 tahun berturut-turut. Capaian ini menjadi kado istimewa masa jabatan triwulan III Bapak Pj Bupati Jombang," tutur Ketua DPRD Kabupaten Jombang Mas'ud Zuremi.

“Perolehan WTP 11 kali berturut-turut ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami. Sinergitas antara eksekutif dan legislatif di Kabupaten Jombang sangat baik. DPRD sangat mendukung program Kepala Daerah, begitupun Kepala Daerah selalu memberikan ruang kepada DPRD dalam memberikan masukan-masukan untuk pembangunan Kabupaten Jombang, semoga barokah kinerja kita semua,” tambahnya.

Sementara itu, PJ Bupati Jombang Sugiat mengatakan, bahwa opini WTP menjadi harapan bersama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Pemerintah Kota Pasuruan Raih Predikat Opini WTP dari BPK

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas capaian kinerja yang mendapat apresiasi WTP dari BPK RI Perwakilan Jawa Timur. Ini menjadi kado terindah pada triwulan III masa jabatan Pj Bupati Jombang. Capaian ini adalah hasil kinerja kita bersama. Tentu saja kami bersama eksekutif legislatif akan terus berupaya untuk mewujudkan kinerja yang jauh lebih baik lagi. Kita akan terus perkuat koordinasi, kolaborasi dan komunikasi untuk menghasilkan kinerja yang ikhlas dan tuntas," tuturnya.

Sugiat juga berharap perolehan opini WTP ini dapat mendorong jajaran Pemerintah Kabupaten Jombang untuk meningkatkan tata kelola keuangan pemerintah yang transparan dan akuntabel, sehingga opini WTP dapat diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Sar

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU