Cara Jitu Hemat Tagihan Air di Rumah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Mei 2024 18:58 WIB

Cara Jitu Hemat Tagihan Air di Rumah

i

Cara jitu yang bisa dilakukan untuk menghemat  tagihan air di rumah. SP/JAKA

SURABAYAPAGI, Jakarta - Air merupakan kebutuhan mendasar di setiap rumah tangga dan digunakan untuk mandi, memasak serta mencuci. Namun demikian, bila tidak digunakan dengan benar, tagihan air di rumah Anda akan membengkak dan berpengaruh pada pengeluaran bulanan.

Tak perlu panik dengan kenaikan tagihan air Anda. Berikut beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk menghematnya. 

Baca Juga: Cara Bersihkan Rambut Rontok di Rumah

1. Perbaiki kebocoran

Salah satu cara tercepat untuk menghemat tagihan air di rumah adalah memperbaiki kebocoran sesegera mungkin. Keran yang menetes atau toilet yang bocor dapat membuang ribuan galon air per tahun, sehingga menyebabkan peningkatan tagihan. Selalu periksa apakah terjadi kebocoran pada pipa, keran, dan peralatan secara teratur minimal satu bulan sekali.

2. Beli mesin cuci hemat air

Membeli unit mesin cuci yang memiliki fitur hemat air dapat berdampak besar pada konsumsi air di rumah Anda. Perangkat tersebut dirancang untuk menggunakan lebih sedikit air sekaligus memberikan kinerja yang sama, sehingga bisa jadi solusi bagi rumah tangga yang ingin menurunkan tagihan air.

3. Pasang perlengkapan hemat air

Baca Juga: Desain Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN

Mengganti perlengkapan lama yang tidak efisien dengan perlengkapan modern yang hemat air, seperti pancuran dan keran aliran rendah, dapat mengurangi penggunaan air secara signifikan.

Perlengkapan ini memberikan kegunaan yang sama tetapi menggunakan sedikit air, yang dapat membantu menghemat air dan mengurangi tagihan Anda. Misalnya, memasang toilet beraliran rendah dapat menghemat hingga 13.000 galon air per tahunnya.

4. Terapkan praktik air yang efisien

Baca Juga: Tak Kunjung Laku, Rumah Sol Campbell Banting Harga

Perubahan sederhana dalam kebiasaan penggunaan air sehari-hari dapat menurunkan tagihan air secara signifikan.

Praktik seperti mematikan keran saat menyikat gigi atau mandi dengan cepat adalah cara efektif untuk menghemat air. Selain itu, jangan lupa mematikan air saat tidak digunakan terutama pada keran yang berada di luar rumah.

Kebiasaan ini, bila diterapkan secara konsisten, dapat menghasilkan pengurangan penggunaan air secara signifikan dan menghemat tagihan Anda.jk/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU