Pembangunan Saluran Buis Solusi untuk Resapan Air saat Musim Penghujan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Mei 2024 16:59 WIB

Pembangunan Saluran Buis Solusi untuk Resapan Air saat Musim Penghujan

i

Pembangunan saluran air di desa Sepande. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pembangunan saluran air di RT 09  RW 03 dusun Krajan desa Sepande yang dibangun dengan menggunakan anggaran dana desa. Saluran buis U20 yang dibangun di dusun Krajan Desa Sepande oleh pemerintah desa dianggap sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan kurang baiknya sistem saluran air dan genangan air saat musim penghujan di pemukiman warga selama ini.

Hadi Santosa kepala desa Sepande mengatakan pembangunan saluran buis desa Sepande menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2024.

Baca Juga: Dansatgas TMMD ke 120 Kodim 0816/Sidoarjo Menyatu dengan Warga Desa Penambangan

“Saluran Buis U20 merupakan bagian penting dalam sistem pengaliran air dan tata ruang di desa Sepande karena dengan adanya pembangunan saluran buis dapat digunakan untuk mengalirkan resapan air hujan dalam lingkungan warga dan lingkungan lebih rapi, tidak becek dan tidak terjadi banjir serta untuk memperbaiki tata ruang desa,” ungkapnya, Senin (13/5).

Baca Juga: Plt Bupati Sidoarjo Kawal Langsung Bantuan Pangan Beras di Desa Kebonsari Kecamatan Candi

“Semoga dengan adanya pembangunan saluran air ini bisa langsung dirasakan manfaatnya bagi warga desa Sepande khususnya RT 09 RW 03 dusun Krajan dan warga sekitar pada umumnya,” imbuhnya.

Sementara TPK desa Sepande juga menegaskan, bahwa pembangunan saluran air di lingkungan RT 09, RW 03 Dusun Krajan desa Sepande ini menggunakan dana desa yang telah ditentukan penggunaannya, dapat digunakan untuk membiayai kegiatan prioritas desa sesuai dengan RKPDes maupun APBDes. 

Baca Juga: Linmas Desa Bogempinggir Dilatih Tanggulangi Kebakaran

“Sedangkan komponen dana desa yang ditentukan penggunaannya, lebih kepada kegiatan yang berkaitan dengan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa), ketahanan pangan dan hewani, kemudian dalam rangka membantu penurunan angka stunting sesuai kewenangan desa,” pungkasnya. Man/Hik

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU