Jokowi Bagi Bansos dan Selfie-an

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Mei 2024 20:18 WIB

Jokowi Bagi Bansos dan Selfie-an

i

Presiden Jokowi saat mengecek ketersediaan beras untuk bansos di Sulawesi Tenggara, Senin (13/5/2024) pagi kemarin.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo, tak lama lagi lengser. Tepatnya tanggal 20 Oktober 2024, masa jabatan Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia berakhir. Masih 6 bulan lagi, ayah Gibran tetap kepala negara. Menjelang masa akhir jabatannya, Jokowi masih sempatkan bagi bansos dan blusukan selfie-an (berswafoto).

"Yang 10 kilogram ini akan diteruskan sampai Juni. Ini akan kita lihat kalau nanti APBN itu ada ruang anggarannya akan diteruskan sampai Desember. Kita berdoa bersama-sama ya supaya bisa terus sampai Desember," beber Jokowi saat memberikan bantuan pangan di Komplek Laende, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: Staf Khusus Presiden Cawe-cawe Urusan UKT

Jokowi, ungkap bantuan pangan beras 10 kilogram  kepada 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Bantuan ini diberikan sejak akhir 2023 dan diperpanjang hingga bulan depan atau tepatnya Juni 2024. Jokowi mengatakan, sejauh ini pemerintah belum memutuskan apakah bantuan ini akan diperpanjang masa pemberiannya selepas Juni 2024.

Namun dia blak-blakan ada potensi perpanjangan pemberian bantuan bila ada ruang anggaran pada APBN. Jokowi menegaskan ada asa bantuan pangan ini diperpanjang sampai Desember 2024.

 

Jokowi ke Pasar Sentral Muna

Jokowi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, menuju Kabupaten Muna dengan helikopter Super Puma TNI AU pada pukul 08.35 WITA. Jokowi dan rombongan mendarat Alun-Alun Raha sekitar Muna, sekitar pukul 09.10 WITA, Senin (13/5/2024).

Setelah itu, Jokowi menuju Pasar Sentral Laino Raha, Muna untuk mengecek harga bahan pokok dan menyerahkan bantuan bagi para pedagang. Jokowi juga diagendakan untuk mengecek persediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan bagi masyarakat di Kompleks Pergudangan Laende, Kabupaten Muna.

Siang harinya, Jokowi akan melanjutkan kegiatan di Kabupaten Muna Barat dan akan mengunjungi Pasar Rakyat Kambara, lalu meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

Kunjungi Pusat Perbelanjaan

Presiden Jokowi juga mengunjungi Pusat Perbelanjaan The Park di Kendari,Sulawesi Tenggara bersama para menteri pada Minggu malam. Warga sangat antusias menyambut kedatangan Jokowi.

Dikutip keterangan Biro Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di pusat perbelanjaan tersebut pada Minggu (12/5) pukul 19.00 WITA. Warga antusias hingga berteriak saat Jokowi datang.

"Pak Jokowi! Pak Jokowi! Pak Jokowi!" teriakan warga saat Jokowi tiba.

Selain menyapa warga, Jokowi juga santap malam nasi goreng di sebuah restoran lokal. Jokowi tampak ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Pj. Wali Kota Kendari Muhammad Yusup.

 

Masih Bersepeda di Jakarta

Minggu (12/5) ternyata Jokowi,  bersepeda di kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) Jakarta. Warga yang hadir di CFD pun berebut mengajak Jokowi berswafoto.

Baca Juga: Era PDIP Mega, Jokowi "Menggoyang"

Jokowi terlihat mengenakan kaus putih dan helm sepeda berwarna merah putih saat bersepeda di kawasan Bundaran. Jokowi terlihat dikawal Paspampres selama bersepeda.

Jokowi sempat terlihat turun dari sepeda di kawasan Bundaran HI. Jokowi pun menyalami serta meladeni ajak foto dari beberapa warga.

Warga terlihat semringah saat melihat ada Presiden di area CFD. Jokowi juga terlihat tersenyum saat lanjut bersepeda.

Minggu hari itu juga sekitar pukul 13.00 WIB, dengan pesawat kepresidenan, Jokowi, lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jokowi, mendarat di Bandara Udara Halu Oleo Kendari sekitar pukul 16.19 Wita.

 

Bersama Sejumlah Menteri

Presiden Jokowi di Sulawesi Tenggara, tiba di Bandara Hali Oleo Kendari bersama sejumlah menteri.

Tampak terlihat, Jokowi masih menggunakan kaos oblong putih, setelah celana hitam dan sepatu olahraga, seperti saat ia bersepeda paginya di car free day (CFD) Jakarta.

 

Baca Juga: Jokowi-Mega, Hanya Relasi Politik

Ke Muna dan Kolaka Utara

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto mengatakan, Presiden Jokowi diagendakan selama 3 hari ke depan hingga Selasa, 14 Mei 2024 di Bumi Anoa. Rencananya, Jokowi akan mengunjungi Kabupaten Muna, Muna Barat, Konawe dan Kabupaten Kolaka Utara.

Diketahui, informasi sementara agenda kunjungan Jokowi ke Sultra yakni meninjau sejumlah lokasi hasil akhir pembangunan proyek nasional. Diantaranya, jalan inpres dan pasar di Muna, Bendungan Ameroro Kabupaten Konawe, serta kunjungan di Gudang Bulog Kolaka Utara.

Presiden Joko Widodo juga mengunjungi Pusat Perbelanjaan The Park di Kendari,Sulawesi Tenggara bersama para menteri pada Minggu malam. Pembelanja ini terlihat senang bisa berfoto dengan Jokowi.

 

Warga Teriak Jokowi Datang

Warga sangat antusias menyambut kedatangan Jokowi. Dikutip keterangan Biro Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di pusat perbelanjaan tersebut pada Minggu (12/5) pukul 19.00 WITA. Warga antusias hingga berteriak saat Jokowi datang.

"Pak Jokowi! Pak Jokowi! Pak Jokowi!" teriakan warga saat Jokowi tiba.

"Pak Jokowi itu humble banget orangnya. Dia enggak memandang ini orang siapa, tetap saja diambil HP kita, foto. Kalaupun ada yang jelek hasilnya difoto ulang lagi sama Bapak," ujar Kiki Kiki, pengunjung lain yang membawa tiga anaknya, berbagi kesan positif tentang sosok Jokowi. Ia juga memuji kerendahan hati Presiden.  n jk/erc/slt/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU