Smartfren Merger dengan XL Axiata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Mei 2024 19:26 WIB

Smartfren Merger dengan XL Axiata

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Axiata Group raksasa operator seluler dari Malaysia dan Sinar Mas Indonesia hari ini mengumumkan telah memasuki babak baru dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (“MOU”) tidak mengikat untuk menjajaki rencana merger antara XL Axiata dan Smartfren (“Rencana Transaksi”) dalam rangka menciptakan entitas baru (MergeCo).

Pemilik PT XL Axiata dan PT Smartfren Telecom sedang mendiskusikan struktur potensial transaksi yang akan menciptakan entitas senilai US$3,5 miliar dengan sekitar 100 juta pelanggan.

Baca Juga: Smartfren Luncurkan Jagoan Lokal Buat Internetan Sepuasnya

Kesepakatan tidak mengikat mungkin akan tercapai dalam beberapa bulan mendatang, memungkinkan perusahaan untuk melanjutkan negosiasi dan melakukan uji tuntas (due diligence).

Pembicaraan sedang berlangsung dan tidak ada jaminan bahwa Axiata yang berbasis di Kuala Lumpur dan Sinar Mas akan melanjutkan merger unit bisnis mereka.

Saham XL Axiata telah naik 22% di Jakarta tahun ini, dengan nilai perusahaan sekitar US$2 miliar. Smartfren sebagian besar tetap datar, memberi operator Indonesia nilai pasar US$1,2 miliar.

Sujartha Kumar Corporate Communications dalam keterangan tertulis yang menandaskan pada saat ini, diskusi yang sedang berlangsung antara para pihak belum menghasilkan kesepakatan atau penyelesaian Rencana Transaksi yang mengikat.

Validasi terhadap penggabungan dan penciptaan nilai bagi pemegang saham, uji tuntas, persiapan rencana bisnis bersama dan kesepakatan atas persyaratan penting akan menjadi kegiatan utama yang dilakukan selama tahap penjajakan yang diatur dalam MOU.

Baca Juga: Smartfren Tawarkan Home Wireles Router, Harga Murah Kecepatan 20 Mbps Cukup Rp 100 Ribu Perbulan

“Setiap perkembangan penting yang berhubungan dengan MOU ini akan diumumkan sebagaimana diperlukan,” kata Sujartha, Rabu (15/5/2024).

Apabila perjanjian mengikat akan ditandatangani di kemudian hari, maka transaksi terkait akan tunduk pada peraturan-peraturan yang berlaku dan persetujuan korporasi serta pemerintah.

Dengan tujuan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang lebih kuat di Indonesia, usulan penggabungan usaha antara XL Axiata dan Smartfren diharapkan dapat menyatukan skala, kompetensi, keuangan dan keahlian telekomunikasi yang mendalam dari Axiata dan skala lokal serta pengetahuan pasar dari Sinar Mas untuk menghasilkan nilai sinergis yang signifikan.

Baca Juga: Smartfren Luncurkan Paket Internet 100 GB Rp100 Ribu Untuk Indonesia

Kedua pihak diharapkan dapat memberikan pengaruh yang seimbang terhadap arah strategis dan keputusan operasional MergeCo, dengan memanfaatkan kekuatan masingmasing.

Axiata meyakini bahwa MergeCo akan memiliki kelincahan yang strategis, kompetensi dan kemampuan yang mumpuni untuk memenuhi harapan dan permintaan yang semakin meningkat dari konsumen, bisnis dan sektor publik di Indonesia.

MergeCo diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham, melalui sinergi dari penggabungan operasi XL Axiata dan Smartfren. 1 Axiata berkomitmen untuk tetap menjadi pemain terdepan dalam lansekap digital dan teknologi di Indonesia, yang berpegang teguh pada visi jangka panjang dalam mendukung masa depan digital Indonesia. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU