Resmikan Kapal Dharma Kencana V, DLU Salurkan Logistik Untuk Pembangunan IKN

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Sabtu, 18 Mei 2024 18:42 WIB

Resmikan Kapal Dharma Kencana V, DLU Salurkan Logistik Untuk Pembangunan IKN

SurabayaPagi, Surabaya - Kapal Dharma Kencana V milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi siap mendukung kesuksesan pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dharma Kencana V yang merupakan kapal ke 48 milik DLU memiliki panjang 170 meter dengan lebar 27 meter memiliki area muatan kendaraan yang uas sehingga dapat memuat logistik lebih banyak untuk pembangunan IKN.

Baca Juga: Respon Usulan Menhub, DLU Siap Layani Pariwisata Domestik Dengan Kapal Pesiar

"Kapal ini di dalam spesifikasi kecepatan itu bisa menempuh kecepatan dengan 27 knot," terang CEO dan penasehat utama PT DLU Bambang Haryo Soekartono (BHS) di gapura surya pelabuhan Tanjung Perak. Sabtu (18/5/2024).

Memiliki kecepatan sampai 27 knot, kapal ini mampu menempuh perjalanan Surabaya ke Balikpapan kurang dari 25 jam sehingga menyalurkan logistik lebih cepat dan efisien, dan BHS menyebut indeks logistik DLU mengalami peningkatan dibandingkan beberapa tahun silam.

"Bahwa indeks logistik kita pada waktu itu sekitar 26 sekarang sudah jauh lebih bagus dan kita sudah masuk peringkatnya lebih baik daripada sebelumnya," terangnya didampingi Direktur Utama PT DLU Erwin H Poedjono.

DLU sendiri sudah melayani rute pelayaran Surabaya--Balikpapan sejak tahun 2000 dan dengan adanya armada baru yang lebih segar serta memiliki fasilitas layaknya kapal pariwisata. Maka IKN pasti membutuhkan sarana transportasi laut yang memadai untuk mengirim orang maupun barang.

"Ini kami sudah mempersiapkan untuk itu, sebenarnya ini transportasi ke Balikpapan sudah cukup lama dari tahun 2000 sudah ada kapal kita, hari ini kami ubah posisi kapal yang membutuhkan ukuran lebih besar untuk IKN," ucap BHS yang terpilih menjadi anggota DPR RI dari dapil Jatim 1.

Baca Juga: Imbas Harga Solar Naik, PT DLU Naikkan Tarif Angkutan Laut 12,5-20 Persen

BHS pun mengutarakan bahwa DLU juga akan melayani konektivitas Asia Pasifik mulai Dumay hingga Australia dan hal ini telah disampaikan ke menteri perhubungan pada waktu itu masih dijabat oleh Agum Gumelar sembari menunggu infrastruktur pelabuhan yang layak bisa direalisasikan oleh pihak terkait.

"Kemarin akan direalisasikan, hanya sampai dengan saat ini memang infrastruktur pelabuhannya masih belum ada, jadi ini yang kami juga menunggu. Begitu ada infrastruktur kepelabuhan yang layak untuk kapal-kapal kami, kami siap berpartisipasi," tegasnya.

Di tempat yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi ketangguhan DLU mengoperasionalkan 48 kapalnya untuk melayani transportasi laut di Indonesia. Sehingga dia berharap ketangguhan ini terus berlanjut.

"Ketangguhan ini harus dipertahankan, dikembangkan dalam satu konteks bagaimana swasta bisa tampil tidak saja berinvestasi tapi juga mendapatkan keuntungan, memberikan kesempatan lapangan kerja dan melayani daerah terluar," ucapnya dalam pidatonya.

Budi Karya Sumadi juga menerangkan, di IKN banyak yang sudah dibangun dan lahan kesempatan terbuka luas sehingga diperlukan peran swasta untuk turut serta membangun ibukota baru.

"Yang In Sya Allah memberikan suatu kebanggaan bagi bangsa yang memindahkan ibukota negara ke IKN," ujarnya.

Sekedar informasi, Dharma Kencana V ini mampu mengangkut 1400 orang dan 300 mobil serta memiliki kecepatan lebih cepat dibandingkan kapal sejenisnya, dan penumpang pun dimanjakan dengan fasilitas mewah seperti ruang pijat, barber shop, tempat fitnes hingga untuk jogging. Byb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU