Jamur Dapat Tumbuh di Furnitur Plastik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mei 2024 19:02 WIB

Jamur Dapat Tumbuh di Furnitur Plastik

i

Furnitur plastik juga menghadapi masalah yang sama seperti material lainnya yakni serangan jamur. SP/JAKA

SURABAYAPAGI, Jakarta -  Karena sifat tahan lama yang ditawarkan, furnitur plastik menjadi sangat populer di kalangan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Material plastik sangat tahan air dan cuaca yang ekstrim sehingga kerap ditempatkan pada area outdoor rumah.

 Meskipun demikian, furnitur plastik juga menghadapi masalah yang sama seperti material lainnya yakni serangan jamur. Banyak orang yakin bahwa jamur tidak dapat tumbuh pada bahan plastik atau polimer. Hak ini karena jamur umumnya tidak dapat mengurai plastik dengan mudah.

Baca Juga: Cara Jaga Furnitur di Gudang agar Aman dari Jamur

Namun, plastik mengandung banyak bahan tambahan, seperti bahan pemlastis, selulosa, pelumas, zat penstabil, dan pewarna. Bahan-bahan tersebut ternyata sangat mudah untuk diurai oleh jamur.

Selain zat aditif yang sudah ada dalam plastik, debu, kotoran, bahan organik, dan kelembapan, memberikan kondisi yang lebih baik bagi pertumbuhan jamur. Meskipun mungkin bukan permukaan yang layak untuk menopang pertumbuhan jamur, plastik dapat bisa menjadi media yang ideal jika tersedia berbagai sumber makanan untuk pertumbuhan jamur.

Karena itu, agar furnitur plastik Anda tetap kinclong dan bebas jamur selama bertahun-tahun, pembersihan rutin harus dilakukan. Mulai dari menyingkirkan debu setiap hari sehingga mencucinya dengan cuka atau sabun cuci piring minimal satu bulan sekali.jk/ana

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU