Cara Jaga Furnitur di Gudang agar Aman dari Jamur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Mei 2024 19:45 WIB

Cara Jaga Furnitur di Gudang agar Aman dari Jamur

i

Sebelum mengemas furnitur untuk dipindahkan ke gudang, pastikan semuanya dalam keadaan bersih. SP/JAKA

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Jamur bisa tumbuh pada semua jenis furnitur. Jika Anda mengetahuinya lebih awal, mungkin Anda bisa membersihkan jamurnya. Namun, jika terlambat diketahui, terkadang spora tumbuh jauh ke dalam furnitur sehingga jamur lebih sulit dihilangkan. Jika Anda ingin menyimpan furnitur di gudang dan menjaganya tetap aman dari serangan jamur, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1.       Bersihkan furnitur

Baca Juga: Jamur Dapat Tumbuh di Furnitur Plastik

Sebelum mengemas furnitur untuk dipindahkan ke gudang, pastikan semuanya dalam keadaan bersih. Selain kelembapan, jamur juga bisa memanfaatkan kotoran dan debu sebagai sumber makanan. Gunakan larutan sabun untuk membersihkan perabot. Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus furnitur sesuai jenis bahannya. Untuk furnitur berlapis kain, sedot sisa-sisa kotoran dari celah-celahnya. Jangan lupa bersihkan noda dengan pembersih jok.

2.       Simpan dalam keadaan kering

Selalu pastikan semua yang furnitur yang akan disimpan di gudang ada dalam keadaan yang benar-benar kering. Hindari memasukkan benda lain yang lembap atau basah ke dalam gudang seperti seprai atau selimut lembap. Jika benda lembap tersebut menyentuh furnitur maka akan menciptakan kondisi ideal untuk tumbuhnya jamur di seluruh gudang.

3.       Tempatkan furnitur jauh dari dinding dan pintu

Lokasi furnitur Anda di dalam gudang penyimpanan dapat mempengaruhi kemungkinan tumbuhnya jamur. Kelembapan kemungkinan besar masuk ke dalam gudang melalui retakan atau kebocoran pada dinding atau melalui pintu. Dengan menempatkan furnitur jauh dari lokasi tersebut, Anda dapat meminimalkan paparan kelembapan.  

4.       Izinkan aliran udara

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah jamur dan kelembapan adalah memberi aliran udara. Pastikan ada ventilasi di dalam gudang dan jangan menumpuk barang melebihi kapasitas gudang tersebut. Sisakan ruang antara furnitur dan barang simpanan lainnya. Hal ini memungkinkan udara bergerak di sekitar barang dan dapat membantu mengeringkan kelembapan yang masuk ke dalam gudang.

5.       Angkat furnitur dari lantai

Jika gudang di rumah Anda memiliki pintu yang terbuka ke luar, ada kemungkinan uap air masuk ke dalam unit. Meninggikan furnitur lebih tinggi dari lantai dapat mencegahnya terpapar uap air dari luar. Hal ini akan menjaga furnitur tetap kering dan mencegah tumbuhnya jamur.jk/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU