Layanan Starlink Diluncurkan Elon Musk di Puskesmas Bali

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mei 2024 21:12 WIB

Layanan Starlink Diluncurkan Elon Musk di Puskesmas Bali

i

Elon Musk saat meluncurkan Starlink di salah satu Puskesmas di Bali ditemani Menkes Budi Gunadi dan Menkominfo Budi Arie Setiadi, Minggu (19/5/2024).

SURABAYAPAGI.COM, Bali - CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk, meluncurkan layanan internet satelit Starlink. Semula dijadwalkan peluncurkan bersama Presiden Joko Widodo. Mendadak peresmian ini batal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Peluncuran di salah satu puskesmas di Bali.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan starlink difokuskan untuk daerah 3T di wilayah Indonesia, terutama yang sulit terjangkau internet fiber.

Baca Juga: Bali Berkontribusi 80 Persen pada Kunjungan Wisman

Dia pun memastikan Starlink harus memenuhi tiga persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Pertama terkait NOC (Network Operation Center), kedua Customer Service, dan ketiga perpajakan. Menurutnya tidak ada keistimewaan bagi Starlink, sehingga harus memenuhi ketiga hal tersebut dan selalu dievaluasi.

"Kemenkominfo menjaga level of playing field yang fair terhadap semua operator seluler. Kita tidak mau memberikan keistimewaan, ada beberapa isu yang juga harus diupayakan harus dipenuhi Starlink," ujar Budi Arie kepada wartawan, Minggu (19/5/2024).

Dia mengatakan ketiga hal ini penting karena terkait layanan kepada masyarakat, keamanan data, hingga pemasukan untuk negara.

"Jangan sampai mereka melayani yang ini tidak kena PPN PPh, yang lain kena bayar pajak," tegasnya.

 

Sasar Tempat Terpencil

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan peresmian starlink ini menjadi langkah bagus bagi Indonesia. Dengan demikian daerah-daerah terpencil di Tanah Air akan bisa mendapatkan coverage internet yang bagus.

Elon Musk tiba di Bali tepat pukul 08.00 WITA dengan jet pribadinya N727BG untuk menghadiri World Water Forum ke-10. Luhut mengatakan salah satu kerja sama penting yang dilakukan, yaitu peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga pelosok Indonesia.

Baca Juga: Starlink Investasi di Indonesia Rp 30 M

"Peresmian peluncuran Starlink akan dilakukan Elon bersama Presiden hari ini di salah satu Puskesmas di Denpasar, Bali," singkatnya.

Kerja sama ini sebagai bentuk pemerataan di seluruh provinsi di Indonesia yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan. Dengan begitu, kedua layanan ini diharapkan dapat terus meningkat.

Luhut berharap, melalui peluncuran Starlink ini masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet secara cepat, seperti halnya penduduk yang tinggal di kota besar.

 

Layani 3.400 Puskesmas

Baca Juga: Anggapan Bali "Dijajah Turis", Risaukan Menparekraf

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin didampingi Wali Kota Denpasar, Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara meninjau langsung Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, di Jalan Laksamana VIII, Kota Denpasar, Bali, Minggu (19/5) siang.

Menteri Sadikin meninjau langsung untuk memastikan kesiapan pemasangan alat Starlink oleh Elon Musk bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya datang ke Bali untuk melihat contohnya, sambil mengecek koneksi teman-teman yang ada di (Puskesmas) Maluku bisa terkoneksi dengan yang ada di Bali. Karena, banyak layanan yang di daerah Maluku, kepulauan sana nggak ada dokternya, kurang sekali dokternya. Dengan adanya koneksi ini bisa dilakukan telemedis, konsultasi ke dokter spesialis," kata Menkes.

Menkes nyatakan dengan adanya Starlink ada sekitar 3.400 puskesmas bisa mendapatkan layanan internet yang baik. n bl/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU