Linmas Desa Bogempinggir Dilatih Tanggulangi Kebakaran

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Selasa, 21 Mei 2024 17:19 WIB

Linmas Desa Bogempinggir Dilatih Tanggulangi Kebakaran

i

Deni, salah satu peserta pelatihan, saat memperagakan penggunaan APAR. SP/JUM

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pemerintah Desa (Pemdes) Bogempinggir Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo menggelar pelatihan penanggulangan kebakaran. Kegiatan diikuti puluhan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Pelatihan yang diberikan lebih pada rescue dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan gangguan ketentraman dan ketertiban warga masyarakat.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Gelar FGD

Acara digelar di halaman pendopo kantor desa setempat,  dibuka langsung Kepala Desa (Kades) Bogempinggir, haji Sutikno. Selasa(21/5/2024).

Deni, salah satu anggota Linmas Desa Bogempinggir, sempat bingung bagaimana penggunaan alat pemadam api ringan (APAR). Menurutnya sering melihat di kantor, namun belum tahu bagaimana cara penggunaan alat pemadam portabel tersebut.

"Sekarang sudah tahu. Bahkan APAR ada juga masa penggunaan," ujarnya.

Sebelumnya, Sugeng Priyo, selaku instruktur pelatihan dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sidoarjo, mengatakan bahwa, pelatihan ini sebagai bentuk pembekalan keahlian pada Linmas yang ada di desa setempat.

Baca Juga: Perpanjangan Jabatan 2 Tahun, Kades Randegan Siap Lanjutkan Program Desa

Dengan memberikan pelatihan ini, nantinya Linmas mengetahui bagaimana mengatasi penanggulangan bencana salah satunya kebakaran.

"Adanya pelatihan ini jika terjadi musibah dapat langsung ditanggulangi oleh petugas terdekat atau dari desa itu sendiri," ucap Sugeng Priyo.

Selain perlunya kesiapsiagaan dalam mengatasi penanggulangan bencana, Sugeng Priyo juga menambahkan pentingnya pengetahuan dalam memberikan Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Baca Juga: Kades Banjarbendo Resmi Dapat SK Perpanjangan Jabatan 2 Tahun

"P3K itu perlu kita ketahui bagaimana tata cara penyelamatan atau pengaplikasiannya, seperti ada orang tenggelam ataupun sakit yang perlu tindakan cepat pada penanganannya," ujarnya.

Sementara itu, Sukarto, salah satu anggota Linmas,  menyambut positif adanya kegiatan pelatihan tersebut, sebab menurutnya,  kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran ini bisa meningkatkan kapasitas pengamanan, khususnya Linmas yang ada di desanya.

"Meski tidak keseluruhan yang ikut, dengan adanya pelatihan ini  dapat menjadi motivator kami untuk menyebarluaskan ilmu yang didapat kepada masyarakat," ungkapnya. jum

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU