Budi Waseso Lantik Arum Sabil Ketua Kwarda Jawa Timur Masa Bhakti 2024-2025

author Riko Abdiono

- Pewarta

Rabu, 22 Mei 2024 22:57 WIB

Budi Waseso Lantik Arum Sabil Ketua Kwarda Jawa Timur Masa Bhakti 2024-2025

i

Ketua Umum Kwarnas Pramuka Budi Waseso melantik Arum Sabil sebagai Ketua Kwarda Pramuk Jatim di Grahadi, Selasa 22/5/2024.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melakukan pengukuhan pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabinda), pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan(LPK) Gerakan Pramuka Jawa Timur Masa Bhakti 2024-2025, Di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu( 22/5/ 2024).

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Kwarnas Jendral Pol (Purn) Budi Waseso, dihadiri oleh Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, Wakil Ketua Mabinda Jatim, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Soegianto, Pj Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Bobby Soemiarsono, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim,H.M Arum Sabil, Ketua LPK Gerakan Pramuka Jatim, Helmi Perdana Putra, perwakilan jajaran Forkopimda Jatim dan para Kepala Perangkat Daerah Jawa Timur, Para Ketua Kwarcab dan Mabincab Gerakan Pramuka se-Jawa Timur,

Baca Juga: Pertahankan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah-sekolah Jawa Timur 

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, Ketua Kwarda Jawa Timur, Arum Sabil beserta jajaran yang telah memfasilitasi proses terlaksananya Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Jawa Timur sampai dengan acara pengukuran yang berlangsung dengan tertib.

“Kami berharap dengan terlaksananya pengukuhan ini Gerakan Pramuka Jawa Timur bisa melanjutkan konsolidasi kepada jajaran Majelis Pemimpin Daerah Jawa Timur agar bisa melakukan eksplorasi dan melaksanaan program pendidikan Pramuka yang semakin kuat di daerah Jawa Timur sehingga mendukung upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045,”ujarnya.

Ia menambahkan Gerakan Pramuka harus mampu dan dapat menjadi garda terdepan dalam mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045. Melalui kemampuan dan keahlian anggota Gerakan Pramuka yang dibanggakan, dirinya yakin mampu mewujudkan upaya membentuk Generasi Indonesia Emas 2045.

Budi Waseso juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang sangat mendukung kegiatan Gerakan Pramuka dengan mengalokasikan anggaran untuk membangun generasi muda melalui kegiatan Gerakan Pramuka.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Mabinda Gerakan Pramuka Jawa Timur yang juga Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mengatakan Gerakan Pramuka telah banyak berkontribusi membantu membangun Jawa Timur.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

“ Kontribusi Gerakan Pramuka sebagai stakeholder itu adalah mitra kerja dan wadah yang sangat mendukung serta membantu proses pencapaian dari target-target pembangunan di Jawa Timur. Gerakan Pramuka juga diakui sebagai wadah untuk mencetak pribadi dan generasi muda yang berkualitas, handal dan bisa bersaing masa depan,”ujarnya.

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mendukung kegiatan Gerakan Pramuka berjalan dengan baik dan bisa semakin kuat serta berprestasi. “ Dukungan tersebut berupa legalitas, peraturan dan dukungan anggaran,”katanya.

Pihaknya menyadari bahwa anggota tetap Gerakan Pramuka Jawa Timur sebanyak 3,3 juta, jadi Pramuka adalah komponen yang kuat, apalagi jika dihubungkan dengan masa-masa krisis dan bencana,”Pramuka adalah kekuatan kita menjaga kestabilan keamanan,”tambahnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Zanariah Lepas Kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Kediri Ikuti Ajang Raimuna Daerah Jawa Timur XIV Tahun 2023

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka, H.M Arum Sabil mengatakan dengan pengukuhan tersebut, Gerakan Pramuka Jawa Timur siap sinergi untuk membangun Jawa Timur dalam rangka berikhtiar menghantarkan dan mempersiapkan generasi unggul di masa yang akan datang.

“Tugas kita bersama-sama menjaga anak-anak kita ini jangan sampai nanti pada akhirnya generasi penerus kita adalah generasi yang ketergantungan, generasi yang lemah, generasi yang rapuh secara fisik, dan generasi secara lemah psikologis maupun secara mental,”katanya.

Dalam pengukuhan tersebut Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur juga memberikan anugerah Penghargaan Lencana Dharma Bhakti kepada Ketua Mabinda Gerakan Pramuka Jawa Timur, Adhy Karyono, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, H.M Arum Sabil, Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto, Ali Kuncoro, Dan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo.

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU