Kades Sumanto, Bekerja Tulus dan Ikhlas untuk Kesejahteraan Masyarakat

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Senin, 27 Mei 2024 16:51 WIB

Kades Sumanto, Bekerja Tulus dan Ikhlas untuk Kesejahteraan Masyarakat

i

Haji Sumanto, Kades Balongbendo. SP/JUM

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Kepiawaiannya menjadi seorang pemimpin desa dan kemampuannya dalam menjalankan roda pemerintahan desa, pria ramah dan santun ini patut mendapat apresiasi dan layak disebut sebagai pemimpin teladan. Adalah Haji Sumanto, Kepala Desa (Kades) Balongbendo Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo.

Kades Sumanto, mengaku jabatan kades yang dimilikinya saat ini merupakan amanah yang diberikan masyarakat desanya. Untuk itu dengan menjabat sebagai Kades tujuan hidupnya tak lain untuk mengabdikan diri kepada masyarakat di desanya dengan tulus dan ikhlas.

Baca Juga: Bangkitkan Wisata Sport Tourism, Disbudpar Jatim Gelar Wisata Mancing

“Jabatan ini amanah mas, dan apa yang saya lakukan adalah melayani masyarakat, ibaratnya hidup saya ini sudah menjadi milik masyarakat," ujar Sumanto, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/5/2024).

Dia mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desanya adalah dengan mengupayakan program - program pembangunan yang dapat mendorong perkembangan perekonomian dan kesejahteraan bagi  masyarakat. Seperti program pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Gelar FGD

“Kami harapkan program-program yang sudah dilaksanakan dapat membuat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dan tentunya, kami mengutamakan usulan warga," ujarnya.

Menurutnya, pemanfaatan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana Bantuan Keuangan (BK) yang diperoleh dari penyerapan anggaran APBN maupun APBD, memang luar biasa bagi kehidupan masyarakat di desanya. Sebab dengan anggaran bantuan tersebut kebutuhan utama masyarakat dapat diwujudkan.

Baca Juga: Perpanjangan Jabatan 2 Tahun, Kades Randegan Siap Lanjutkan Program Desa

"Kalau infrastruktur serta sarana dan prasarana desa sudah baik, dana bantuan dapat digunakan untuk membangun fasilitas umum lainya yang bermanfaat bagi masyarakat agar masyarakat lebih sejahtera," pungkasnya. jum

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU