Menyelami Seni Pijat Tradisional di Bali. Kamu Tertarik Sama Yang Mana?

author Redaksi

- Pewarta

Rabu, 29 Mei 2024 10:05 WIB

Menyelami Seni Pijat Tradisional di Bali. Kamu Tertarik Sama Yang Mana?

SurabayaPagi.com : Bali, sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga menyimpan kekayaan budaya yang luar biasa, termasuk dalam seni pijat tradisional. Pijat tradisional Bali bukan hanya sekadar teknik relaksasi, tetapi juga bagian dari warisan budaya yang melibatkan teknik penyembuhan holistik. Praktik pijat ini telah diwariskan turun-temurun dan menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman relaksasi yang mendalam dan menyeluruh.

Setiap best spa in Bali memiliki karakteristik dan manfaat unik yang berakar pada tradisi kuno dan kebijaksanaan lokal. Pijat-pijat ini tidak hanya fokus pada fisik tetapi juga pada keseimbangan energi dan kesehatan keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa jenis pijat tradisional yang paling terkenal di Bali, serta manfaat yang mereka tawarkan.

Baca Juga: Manfaat Spa di Bali

Jenis-Jenis Pijat Tradisional di Bali


·      Pijat Bali (Balinese Massage)


Pijat Bali merupakan salah satu jenis pijat yang paling terkenal di Bali, menggabungkan teknik-teknik dari berbagai tradisi Asia seperti India, Tiongkok, dan Indonesia. Metode ini melibatkan kombinasi pemijatan lembut, peregangan, akupresur, dan penggunaan aromaterapi. Pijat Bali biasanya menggunakan minyak esensial yang diekstraksi dari bunga dan tumbuhan lokal untuk meningkatkan pengalaman relaksasi. Manfaat utama dari pijat ini adalah meningkatkan aliran darah, meredakan ketegangan otot, mengurangi stres, dan memberikan sensasi ketenangan yang mendalam.

·      Pijat Boreh


Pijat Boreh merupakan jenis pijat tradisional yang unik karena melibatkan penggunaan ramuan herbal khas Bali. Ramuan ini biasanya terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan kunyit yang dihaluskan menjadi pasta. Ramuan ini dioleskan ke seluruh tubuh sebelum pemijatan dimulai, memberikan efek pemanasan yang intens. Pijat Boreh sangat efektif untuk menghangatkan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan nyeri otot, dan membantu proses detoksifikasi alami tubuh. Selain itu, aroma rempah-rempah memberikan efek aromaterapi yang menenangkan.

·      Pijat Batang Bambu


Pijat Batang Bambu adalah metode pijat yang menggunakan batang bambu sebagai alat utama. Batang bambu dipanaskan dan kemudian digunakan untuk memijat tubuh dengan gerakan menggulung dan menekan. Teknik massage in Bali ini memungkinkan penetrasi lebih dalam pada jaringan otot, membantu melancarkan aliran darah, menghilangkan toksin, dan memberikan efek revitalisasi yang kuat. Pijat ini sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan pijatan yang kuat untuk meredakan ketegangan otot yang parah.

·      Pijat Urut Bali

Baca Juga: Susanna SPA Ngagel Tama, Nekad Buka


Pijat Urut Bali adalah teknik pijat tradisional yang fokus pada tekanan kuat dan mendalam pada otot-otot dan meridian energi tubuh. Teknik ini sering dikombinasikan dengan penggunaan minyak esensial alami untuk memudahkan pemijatan. Pijat Urut Bali terkenal efektif dalam meredakan ketegangan otot, mengurangi nyeri kronis, meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan menyeimbangkan energi. Manfaat tambahan dari pijat ini adalah kemampuan untuk memperbaiki postur tubuh dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh ketegangan otot.

·      Pijat Refleksi (Reflexology)


Pijat Refleksi atau reflexology adalah teknik pijat yang memfokuskan pada titik-titik refleksi di kaki yang berkaitan langsung dengan organ-organ tubuh lainnya. Teknik ini menggunakan tekanan pada titik-titik tertentu untuk merangsang penyembuhan alami tubuh. Pijat refleksi bermanfaat untuk meningkatkan fungsi organ tubuh, meredakan stres, dan memperbaiki keseimbangan energi tubuh. Praktik ini juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam detoksifikasi tubuh.

·      Pijat Pijat Jamu (Jamu Massage)


Pijat Jamu menggunakan ramuan herbal tradisional Indonesia yang dikenal sebagai jamu. Ramuan ini terdiri dari berbagai bahan alami seperti kunyit, jahe, temulawak, dan daun-daunan yang dihaluskan menjadi pasta atau cairan. Pijat Jamu terkenal karena kemampuannya untuk mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meredakan berbagai jenis nyeri. Penggunaan ramuan jamu juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memberikan efek pemanasan yang menyegarkan.

Baca Juga: Panti Pijat, Spa dan Karaoke Masih Tutup, Sabar Dulu Yah Rek!

·      Pijat Balur
Pijat Balur adalah metode pijat yang menggunakan minyak kelapa murni atau minyak herbal yang dipanaskan. Minyak ini kemudian dioleskan ke seluruh tubuh dengan gerakan pijatan yang lembut tetapi mendalam.Minyak kelapa yang digunakan dalam pijat Balur memiliki sifat pelembab yang tinggi, membantu menutrisi kulit dan membuatnya lebih lembut. Body scrub Bali ini juga membantu mengurangi ketegangan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan memberikan sensasi rileksasi yang mendalam.

·      Pijat Hot Stone (Batu Panas)


Pijat ini menggunakan batu-batu vulkanik yang dipanaskan dan diletakkan di titik-titik tertentu di tubuh. Batu-batu ini kemudian digunakan untuk memijat dengan gerakan melingkar dan tekanan lembut. Pijat Hot Stone sangat efektif dalam meredakan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres. Panas dari batu membantu memperluas pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga memberikan efek penyembuhan yang mendalam dan relaksasi total.

·      Pijat Tui Na


Pijat Tui Na adalah teknik pijat yang berasal dari Tiongkok dan menggunakan metode penekanan, peregangan, dan pemijatan pada titik-titik akupresur di seluruh tubuh.Pijat ini membantu meredakan nyeri kronis, meningkatkan fleksibilitas, dan memperbaiki sirkulasi darah. Tui Na juga dikenal efektif dalam mengatasi masalah sistem pencernaan, pernapasan, dan masalah kesehatan lainnya melalui stimulasi titik-titik akupresur. Mau/Put/as

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU