Home / Peristiwa : Pemkab Situbondo Gelar Kontes Ternak

Tingkatkan Harga Jual Sapi dan Domba

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Mei 2024 19:34 WIB

Tingkatkan Harga Jual Sapi dan Domba

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Pemkab Situbondo menjadikan agenda kontes ternak sapi dan domba tiap tahun sebagai salah satu upaya meningkatkan harga jual ternak di Kota Santri Pancasila itu.

Pada tahun 2024 ini, kontes ternak sapi dan domba berlangsung di Lapangan Eks Kompleks 514 Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, sejak 27-29 Mei 2024.

Baca Juga: Kementan Tambah Kuota Pupuk Subsidi Kabupaten Situbondo

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan kontes ternak sapi dan domba ini sudah menjadi agenda tahunan selain untuk meningkatkan daya ungkit juga menjadi sarana belajar antar-peternak dan berbagi cara beternak sapi dan domba.

"Event kontes ternak ini kami harap tidak hanya menjadi tempat untuk gagah-gagahan, tapi juga bagaimana mampu memotivasi para peternak terus mengembangkan dan meningkatkan populasi ternak di Situbondo," katanya.

Kontes ternak bertajuk "Kebangkitan Sektor Peternakan sebagai Ujung Tombak Ketahanan Pangan Menuju Situbondo Berkelanjutan" ini diikuti ratusan peternak dari 17 kecamatan.

Baca Juga: PAD Situbondo Naik Selama 3 Tahun Berturut-turut

Kontes ternak sapi dan domba ini, lanjut Bupati Karna Suswandi, juga tidak hanya menjadi ajang untuk memperoleh juara, tetapi di sisi lain diharapkan jadi semangat mewujudkan Situbondo sebagai penghasil daging sapi terbesar di Jawa Timur.

"Populasi ternak sapi di Situbondo sangat banyak, oleh karena itu kami usahakan agar kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan, sehingga tahun depan bisa dilaksanakan kembali yang lebih baik," kata Bung Karna, sapaan Bupati Karna Suswandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Situbondo Achmad Junaidi mengatakan kontes ternak diikuti 169 ekor ternak sapi dan domba dari peternak yang tersebar di 17 kecamatan.

Baca Juga: Banyak Koperasi Tidak Sehat, Pemkab Situbondo Tingkatkan Pembinaan

"Ada 10 kategori yang dilombakan, yakni delapan kategori untuk ternak sapi dan dua kategori untuk domba," ujarnya.

Untuk kategori lomba sapi, yakni kereman ekstrem, calon kereman hasil IB, induk hasil IB, induk PO/Brahman, calon induk hasil IB, calon induk hasil PO/Brahman, pedet betina hasil IB, pedet betina PO/Brahman, sedangkan domba kategori induk domba Sapudi dan pejantan domba Sapudi. st-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU