Airlangga: Keanggota OECD Bisa Tingkatkan Investasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Mei 2024 19:50 WIB

Airlangga: Keanggota OECD Bisa Tingkatkan Investasi

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, keanggotaan Indonesia pada Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dapat meningkatkan investasi hingga 0,37 persen.

"Survei internal menunjukkan bahwa keanggotaan Indonesia di OECD dapat meningkatkan investasi anggota sebesar 0,37 persen dan mendukung peningkatan PDB sebesar 0,94 persen," kata Airlangga saat menyampaikan sambutan dalam "Workshop Tim Nasional OECD" di Jakarta, Rabu.

Baca Juga: Rupiah Melemah, Airlangga: Kita Monitor Saja

Airlangga menilai, meningkatnya investasi akan menguntungkan dunia usaha, menciptakan lebih banyak lapangan kerja termasuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Dengan membuka peluang baru dalam perdagangan, investasi, dan kolaborasi, proses aksesi Indonesia ke OECD akan memberikan manfaat yang saling memperkuat bagi OECD dan kawasan Indo-Pasifik,” ujarnya.

Menurut Airlangga, aksesi OECD memiliki peran penting bagi Indonesia agar dapat keluar dari jebakan negara pendapatan kelas menengah atau middle-income trap. Dalam mencapai target-target ini, diperlukan adanya kerja bersama yang melibatkan aspirasi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders).

Keanggotaan Indonesia dalam OECD akan turut berperan penting dalam mendorong transformasi ekonomi untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Hal ini terkait dengan prinsip-prinsip OECD mengenai tata kelola pemerintahan yang baik, transparansi, dan pertumbuhan yang inklusif sangat selaras dengan visi Indonesia untuk mencapai kemajuan dan kemakmuran.

Baca Juga: Hubungan Bilateral RI-Rusia Diperkuat

Pada tahun 2045, Indonesia bertujuan untuk mencapai Indonesia Emas, yang mencakup pencapaian Pendapatan Nasional Bruto (PNB) per kapita sebesar 30.300 dolar AS, masyarakat kelas menengah yang terdiri dari 70 persen populasi, dan PDB sebesar 9,8 triliun dolar AS.

“Saat itu, Indonesia dapat muncul sebagai negara dengan perekonomian terbesar kelima di dunia. Dan tentunya stabilitas politik menjadi kunci untuk untuk mencapai tujuan tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa sebagai negara dengan kekuatan global yang sedang berkembang di Asia, Indonesia telah diakui sebagai pemain penting.

Baca Juga: Airlangga Tawarkan Beragam Investasi Kepada Investor dalam IPEF

Dengan menjadi anggota OECD pertama di Asia Tenggara dan ketiga di Asia, Indonesia akan membantu organisasi ini membentuk kebijakan global dan memastikan OECD yang lebih representatif dan inklusif.

Senada dengan Airlangga, Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann menyambut baik upaya Indonesia dalam proses aksesi menjadi anggota OECD.

“Indonesia sebagai pemain global yang penting dan sangat dihormati juga akan memiliki suara yang penting di Dewan OECD, di mana kami mencoba dan menemukan cara terbaik ke depan bagi komunitas global untuk mengatasi beberapa tantangan bersama di zaman kita. Jadi ini adalah kesempatan bersejarah bagi OECD,” tutupnya. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU