Home / Peristiwa : Menjadi PC. ISNU Unggul di Indonesia Tahun 2027

Musker ke I,  ISNU Lamongan Berhasil Telurkan 45 Program Andalan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Jun 2024 10:22 WIB

Musker ke I,  ISNU Lamongan Berhasil Telurkan 45 Program Andalan

i

Ketua PC ISNU Lamongan saat memberikan arahan sebelum membahas usulan program. SP/ MUHAJIRIN 

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Bertempat di Hall Gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Lamongan (Unisla), para cendekiawan yang tergabung di Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) menggelar Musyawarah Kerja (Musker) ke I, menghasilkan 45 program andalan pada Sabtu (01/06/2024).

Musyawarah kerja yang dibuka oleh Moh. Dawud sekretaris PW ISNU Jawa Timur ini, berlangsung sehari dan bisa menghasilkan 45 program andalan yang akan direalisasikan selama satu periode 2023-2027.

Baca Juga: Meski Lapak Hewan Kurban di Lamongan Menurun, Disnakeswan: Masih Surplus

Seperti disampaikan oleh Muhammad Hafidh Nashrullah ketua PC. ISNU Kabupaten Lamongan,  diharapkan arah organisasi dan program kerja ke depan semakin jelas dan terarah, sehingga cita-cita menjadi ISNU unggul pada tahun 2027 dapat tercapai.

Apalagi, Lamongan adalah embrio terbentuknya ISNU yang selanjutnya diakui sebagai badan otonom dalam Nahdlatul Ulama. Untuk itu, ISNU Lamongan harus benar-benar menunjukkan eksistensinya dan sumbangsih pemikiran maupun gerakannya sebagai banom yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat. 

Sementara itu, sebelum mengesahkan 45 program yang diusulkan oleh peserta Musker, terlebih dahulu peserta dibagi dalam tiga kelompok atau komisi.

Komisi 1 tambah Hafidh panggilan akrab pria yang juga Rektor Unisda ini adalah komisi organisasi. Selanjutnya ada komisi 2 yang membidangi program, dan komisi 3 sebagai komisi rekomendasi. 

"Hasil usulan program selanjutnya disahkan dan diputuskan dalam musker sesuai dengan komisi-komisi," jelasnya, Sabtu (01/06/2024).

Dalam issue strategis Musker tambah Hafidh, sasarannya mencakup pemberdayaan dan penataan organisasi (institusional building); Pengembangan dan Pemberdayaan Sumberdaya Dakwah, Pemikiran Keagamaan dan Organisasi; Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat dan pelayanan sosial. Pengembangan networking atau jejaring organisasi sebagai mitra pelaksanaan program.

Baca Juga: Ada 1.500 Anak di Laren Ikuti Gebyar Prasiaga PAUD

Perumusan program pokok itu kata Hafidh merupakan penjabaran dari visi, misi dan issue strategis yang akan dijalankan PC ISNU Lamongan Masa Khidmah 2023-2027. Bahwa PC ISNU Lamongan bekerja berdasarkan SK Pengurus Pusat ISNU nomor : 0424/SK/PP-ISNU/XI/2023 tertanggal 27 November 2023. Atas dasar itulah, dalam Musker PC ISNU Lamongan memfokuskan pada; Program Penguatan Organisasi dan Kelembagaan terdapat 9 program, dua diantaranya soal penyusunan dan pembuatan standar operating Prosedur (SOP) organisasi;

Penataan dan penguatan manajemen kelembagaan; Penguatan jaringan (networking) untuk kerjasama nasional dan internasional, Bidang politik, Hukum dan HAM, menelurkan 5 program andalannya, dua diantaranya mengenai Pemberdayaan partisipasi politik warga menuju tatanan khaira ummah, dan mengadakan survei calon pimpinan daerah menurut masyarakat intelektual di kampus-kampus Nahdlatul Ulama. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, programnya Mempublikasi hasil penelitian para sarjana NU, sistematisasi akumulasi karya intelektual sarjana NU Lamongan. 

Bidang Pendidikan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia, programnya diantaranya Penataan kelembagaan dan peningkatan kualitas pendidikan, dan Menjembatani akses program pendidikan dari pemerintah kepada warga dan lembaga pendidikan di bawah naungan NU.

Bidang Informasi dan Komunikasi, programnya membangun jaringan komunikasi melalui berbagai media cetak maupun elektronik, Mempublikasikan kegiatan-kegiatan ISNU baik melalui media cetak maupun elektronik. Bidang 

Baca Juga: Survei PSDK Unisda, Selain Berpendidikan Warga Inginkan Pemimpin dari Kalangan Santri dan Pesantren

Ekonomi dan Keuangan, programnya memperkuat serta memfasilitasi pengembangan jejaring (networking) pengusaha ISNU agar dapat memberi manfaat dan kemaslahatan bagi warga nahdliyin dan masyarakat pada umumnya.

Bidang Lingkungan Hidup dan Kesehatan, programnya mendorong lahirnya kebijakan yang responsif terhadap isu perubahan iklim Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan, mendorong lahirnya kebijakan dan regulasi daerah yang berpihak kepada petani kecil.

Mendampingi dan memfasilitasi berbagai usaha-usaha rintisan di bidang pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani di lingkungan anggota. Budaya dan Pariwisata, programnya menggagas gerakan wisata halal di kalangan warga NU

Menginventarisir dan melestarikan warisan Sejarah dan budaya lokal daerah. Bidang Pemberdayaan Perempuan, mengadakan pelatihan Usaha Rumah Tangga (Skill Wirausaha bagi Perempuan), Memberikan pembekalan terhadap calon tenaga kerja wanita lamongan, mengadakan pelatihan tentang gender, memperjuangkan hak politik wanita dalam pemerintahan. jir

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU