Momen Unik, ‘Salon Sapi’ di Tulungagung Banjir Orderan hingga Rela Antre

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Jun 2024 10:11 WIB

Momen Unik, ‘Salon Sapi’ di Tulungagung Banjir Orderan hingga Rela Antre

i

Salon sapi di Tulungagung banjir orderan. Terlihat salah satu penawaran jasa salon sapi tengah membersihkan tanduk sebelum dijual di menjelang qurban Hari Raya Idul Adha. SP/ TLG

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung - Berkah tersendiri bagi usaha perawatan sapi atau salon sapi menjelang Hari Raya Idul Adha di Desa Sumberdadi, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur yang kini kebanjiran orderan dari para peternak dan pedagang hewan qurban.

Ditengah hiruk pikuk aksi tawar menawar dari pedagang dan pembeli di Pasar Hewan Terpadu (PHT) Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol, justru dimanfaatkan dengan usaha membersihkan tanduk dan kuku sapi. Pekerjaan yang kerap disebut salon sapi ini digeluti oleh Sugeng selama puluhan tahun.

Baca Juga: Pembenihan Gagang Rejeb Sidi di Tulungagung Raup Untung Besar

Salon sapi atau perawatan tanduk dan kuku sapi menjadi ladang rezeki bagi Sugeng Riyanto. Bahkan menjelang Idul Adha, pria berusia 30 tahun ini mendapatkan orderan salon sapi hingga 10 ekor setiap harinya.

Penawaran jasa salon sapi tersebut juga disambut baik oleh pedagang di PHT Sumberdadi. Bahkan para pedagang rela mengantre agar sapi-sapi yang dijualnya terlihat lebih bersih dan menarik.

Baca Juga: Pj Bupati Tulungagung Minta Petani Tidak 'Latah'

"Kalau orang-orang menyebutnya 'Salon Sapi', jadi tanduk atau kuku sapi saya bersihkan agar terlihat cantik dan menarik saat hendak dibeli oleh pembeli," jelas Sugeng, Senin (03/06/2024).

Jasa salon sapi sendiri masih terdengar asing bagi masyarakat umum. Namun bagi pedagang hewan ternak, pekerjaan salon sapi ini menjadi incaran pedagang ketika mendagangkan hewan ternak. Sedangkan untuk mendapatkan jasa salon sapi dari Sugeng, pedagang harus merogoh uang antara Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu.

Baca Juga: Kios Pedagang Daging Sapi di Pasar Ngawi Pilih Tutup Pasca Idul Adha

“Hari biasa itu hanya ada beberapa orderan saja, tapi kalau menjelang Idul Adha ini bisa sampai 10 orderan bahkan lebih,” paparnya.

Sebab, setelah menggunakan jasa salon sapi, tanduk dan kuku sapi terlihat lebih bersih dan terawat. "Kalau para pedagang hewan ternak sudah pada tahu, mereka seperti punya keyakinan jika sapinya belum dipermak, terlihat kurang menarik saja," ucapnya. tlg-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU