Home / Ekonomi dan Bisnis : Harga Sapi dan Kambing Mulai Naik

Permintaan Hewan Kurban di Pasar Tulungagung Masih Landai

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Jun 2024 10:06 WIB

Permintaan Hewan Kurban di Pasar Tulungagung Masih Landai

i

Kumpulan pedagang hewan kurban di Pasar Hewan Terpadu, Tulungagung, Jawa Timur. SP/ TLG

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung - Para pedagang hewan kurban di pasar hewan di Tulungagung mulai memadati Pasar Hewan Terpadu menjelang Hari Raya Idul Adha. Namun, hingga kini belum ada lonjakan permintaan konsumen.

Salah seorang penjual hewan kurban di Pasar Hewan Terpadu, Supriadi mengaku saat ini penjualan masih normal. Masyarakat banyak yang memilih membeli hewan kurban mendekati Hari Raya Idul Adha. 

Baca Juga: Kambing Kurban Jumbo dari Tulungagung Sepi Peminat Jelang Idul Adha

“Untuk harganya mulai mengalami sedikit kenaikan, tapi permintaan konsumen masih landai,” ujarnya, Selasa (04/06/2024).

Namun, Harga sapi dan kambing kurban di pasar hewan Tulungagung mulai naik di dua pekan menjelang Idul Adha. “Untuk harganya mulai mengalami sedikit kenaikan, tapi permintaan konsumen masih landai," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Keswan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulungagung, Tutus Sumaryani mengatakan ketersediaan hewan kurban di Tulungagung dipastikan aman. 

Baca Juga: Bisnis Hewan Kurban di Tulungagung Meroket, Sehari Bisa Jual 25 Sapi

“Ketersediaan hewan kurban masih aman. Bahkan hewan kurban banyak yang keluar daerah untuk memenuhi permintaan, adapun persediaan sapi untuk kurban 12.314 ekor dan kambing 25.373 ekor,” terangnya.

Lebih lanjut, Tutus menerangkan terkait kenaikan harga hewan kurban, dari hasil pantauan pasar saat ini harga sapi mencapai Rp 55 ribu per kilogram atau penghitungan berat hidup sapi. 

Baca Juga: 3 Anak Tercebur di Kolam Ikan, 2 Balita Tewas

Diketahui, sebelumnya harganya berkisar Rp 48 ribu per kilogram berat hidup. Sedangkan untuk kambing kenaikan ditentukan oleh pedagang. 

“Memang harganya ada sedikit kenaikan dari hasil pantauan kami di lapangan,” pungkasnya. tlg-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU