Pemkab Pasuruan Adakan Bimtek Leadership dan Diikuti Kepala OPD

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Jun 2024 15:56 WIB

Pemkab Pasuruan Adakan Bimtek Leadership dan Diikuti Kepala OPD

i

Pj Bupati Pasuruan Adriyanto dalam bimtek leadership di hotel surya prigen. SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Puluhan Pejabat di Lingkungan Pemkab Pasuruan mengikuti bimtek (bimbingan teknis) Leadership, Sabtu (08/06/2024). 

Bimtek tersebut digelar di Hotel Surya Prigen dan dibuka oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto. Hadir pula para pemateri seperti Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI; kemudian Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya serta dari Imcommunication Surabaya. 

Baca Juga: UPT RSBRW Dinsos Jatim Siap Luluskan Penerima Manfaat dengan Keterampilan Unggul

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Pasuruan, Ninuk Ida Suryani menjelaskan, total ada 68 Pejabat yang mengikuti bimtek. Mulai Kepala OPD, Kabag, Sekretaris DRPD, Dirut RSUD Bangil maupun RSUD Grati, hingga para Asisten, Staf Ahli sampai Sekda. 

Selama mengikuti bimtek, para peserta harus bisa mencerna materi yang disampaikan Narasumber, mulai dari  healthy leadership (kepemimpinan yang sehat), kepemimpinan dalam transformasi digital, optimalisasi sistem kerja, netralitas ASN hingga seputar Effective communication for leader. 

"Materi nya lumayan banyak dan lengkap, tapi ini penting sekali untuk disimak dan dipahami oleh semua Kepala Perangkat Daerah yang ikut acara," katanya. 

Dijelaskan Ninuk, tujuan digelarnya Bimtek tak lain untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, manajemen waktu, pengambilan keputusan sampai kemampuan memotivasi seorang pimpinan. 

Baca Juga: Bus Jawa Indah Seruduk Pos JPL KAI di Jalan Raya Mangkrengan

"Kami ingin meningkatkan kemampuan dalam mengelola perubahan dan mengatasi tantangan baru. Semua kepala OPD kita undang dan mereka bisa saling berkolaborasi," turunnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Andriyanto menegaskan bahwa bimtek kali ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk membekali para Kepala Perangkat Daerah dengan skill untuk membimbing diri sendiri. Terutama supaya mampu menjadi role model dalam menjalankan perannya sebagai Pemimpin.

"Pastinya seorang Kepala OPD harus punya skill untuk mempersatukan dan membangkitkan potensi orang-orang yang berada di bawah kepemimpinannya dengan gaya komunikasi yang baik dan terarah," terangnya. 

Baca Juga: Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kab Pasuruan Miliki Aplikasi APIK untuk Akses UMKM

Lebih lanjut Andriyanto menyampaikan bahwa seorang pemimpin yang baik harus punya visi dan misi yang jelas, keterampilan komunikasi yang efektif, pengambilan keputusan yang tepat, pemberdayaan dan pengembangan SDM dan lainnya. 

"Seorang pemimpin harus cepat beradaptasi dan berinovasi. Dua itu penting sekali untuk membawa seseorang pemimpin yang disukai oleh para stafnya sendiri," ucapnya. Hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU