Minggu Depan, Harun Masiku Ditarget Tertangkap

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Jun 2024 20:03 WIB

Minggu Depan, Harun Masiku Ditarget Tertangkap

Beredar Salinan Putusan Pengadilan Tipikor, yang Sebut Nama Hasto Kristiyanto

 

Baca Juga: KPK Jadi Bulan-bulanan Aktivis Lagi

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Harun Masiku, buronan sekaligus Politikus PDI Perjuangan ditargetkan minggu depan sudah bisa ditangkap. Target ini di sampaikan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata saat rapat dengan wakil wakil rakyat di gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Harun Masiku adalah tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR periode 2019-2024. Ia telah lebih dari empat tahun masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO), yakni sejak awal 2020 lalu.

"Mudah-mudahan saja dalam satu minggu (Harun Masiku) ketangkap. Mudah-mudahan," kata Alex di gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Menurut dia, penyidik sudah mendeteksi lokasi keberadaan Harun Masiku. "Saya pikir sudah (mendeteksi), penyidik," ujarnya.

Selain itu, ia memastikan pemeriksaan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto tak ada muatan politisnya. Sebab, pemeriksaan terhadap Hasto merupakan hal yang wajar dalam proses penyidikan.

 

Temuan Terbaru Keberadaan Harun

Pemeriksaan terhadap Hasto, disebut juru bicara KPK, Ali Fikri, untuk mengonfirmasi temuan terbaru penyidik soal keberadaan Harun.

Baca Juga: KPK Tak Bisa Tentukan Target Penangkapan Buron Kasus Suap Harun Masiku: Kita Bukan Tuhan

Sebelumnya, tim penyidik sudah mengorek informasi tersebut kepada sejumlah saksi seperti pengacara Simeon Petrus pada Rabu (29/05) hingga mahasiswa atas nama Hugo Ganda dan Melita De Grave di akhir Mei lalu.

Mereka diminta keterangan seputar pihak-pihak yang diduga menyembunyikan dan melindungi Harun Masiku dan adanya upaya untuk menghambat pencarian.

"Informasi yang didalami lebih jauh hampir sama semua, terkait informasi yang KPK terima mengenai keberadaan Harun Masiku yang diduga ada pihak yang mengamankan," ucap Ali Fikri seperti dilansir Antara.

 

Beredar Salinan Putusan Tipikor

Minggu ini beredar salinan putusan Pengadilan Tipikor, nama Hasto disebut sebagai Sekjen PDIP, yang menugaskan Donny Tri Istiqomah selaku Tim Hukum PDIP untuk mengajukan surat permohonan ke KPU RI terkait pergantian antar waktu Caleg Pemilu Dapil Sumsel I, menggantikan Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia.

Baca Juga: Buron Harun Masiku, Berpeluang Disidang In Absentia

Meski demikian, dalam Putusan Hakim Tipikor tidak disebutkan sejauh mana peran Hasto selain penugasan Donny Tri Istiqomah .

 

PDIP Tuding Unsur Politis

Kuasa hukum Hasto, Ronny Talapessy, menyebut pemeriksaan kliennya tak lepas dari unsur politis lantaran Sekjen PDIP tersebut kerap menyampaikan kritik kepada pemerintah.

Ronny juga mengeklaim kliennya tidak terkait dengan kasus dugaan suap yang melibatkan Harun Masiku. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU