Home / Ekonomi dan Bisnis : Sidak Pangkalan LPG 3 Kg

Tim Gabungan Pemkot Kediri Pastikan Stok Aman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 13 Jun 2024 19:24 WIB

Tim Gabungan Pemkot Kediri Pastikan Stok Aman

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Tim gabungan Pemkot Kediri terdiri dari Disperdagin, Bagian Administrasi Perekonomian, Kelurahan Pojok dan Pertamina menggelar sidak ke sejumlah pangkalan LPG 3 kg.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari munculnya aduan masyarakat warga Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto yang mengaku susah mendapatkan gas LPG 3 kg di daerahnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Beri Santunan Ke 1.689 Anak Yatim di Kota Kediri

Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani menjelaskan, pengaduan masuk lewat layanan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

"Warga mengeluhkan susahnya mencari gas LPG 3 kg di daerahnya hingga memaksanya harus membeli hingga ke Kelurahan Tempurejo” kata kepala Wahyu Kusuma Wardani, Kamis (13/6/2024).

Menindaklanjuti pengaduan tersebut tim monitoring segera melakukan inspeksi mendadak di wilayah Kelurahan Pojok dan sekitarnya.

Tim mendatangi 5 pangkalan di Kelurahan Pojok, Bujel, Mojoroto dan Campurejo serta satu agen di Kelurahan Tamanan.

Dijelaskan Wahyu, dari hasil penulusuran tim tidak terjadi kelangkaan gas LPG 3 kg.

"Setiap pangkalan yang kami tinjau stok gas LPG 3 kg terpantau aman. Namun ada beberapa hal yang memang menjadi evaluasi,” jelasnya.

Baca Juga: DKPP Kota Kediri Cek Harga Komoditas Pangan

Sementara evaluasi tersebut karena kurang tahunya masyarakat dimana saja lokasi pangkalan yang ada di daerahnya.

Ditambah lagi beberapa pangkalan tidak menunjukkan identitas secara jelas di tempat tersebut merupakan pangkalan dan melayani pembelian gas LPG 3 kg.

“Ada beberapa pangkalan yang bannernya tidak dipasang dengan jelas. Ada juga yang dipasang di dalam sehingga masyarakat yang melintas tidak mengetahui bahwa ada pangkalan disitu,” ungkapnya.

Selanjutkan petugas telah mewajibkan kepada para pangkalan supaya menulis jam buka dan jam tutup di tembok luar agar terbaca jelas oleh masyarakat yang melintas.

Baca Juga: DKPP Kota Kediri Dorong Petani Tanaman Hias Go Internasional

Sementara pada kunjungan ke agen, tim monitoring menyampaikan supaya pasokan ke pangkalan tidak terlambat serta dihimbau mengedukasi kepada setiap pangkalan supaya mematuhi peraturan distribusi gas LPG  3 kg.

Pada bulan Mei Kota Kediri mendapatkan tambahan pasokan sebanyak 28.000, kemudian di bulan Juni ada penambahan 30.000 stok.

Sehingga dipastikan tidak terjadi kelangkaan. Di Kota Kediri ada 16 agen dan 344 pangkalan gas LPG 3 kg yang bisa diakses oleh masyarakat. Kd-02/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU