Nissan Resmi ‘Stop’ Produksi GT-R R35, Bersiap Luncurkan Edisi Khusus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Jun 2024 14:49 WIB

Nissan Resmi ‘Stop’ Produksi GT-R R35, Bersiap Luncurkan Edisi Khusus

i

Nissan resmi memperkenalkan Nissan GT-R 2024 di Jepang. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Kabar buruk untuk para pecinta model Nissan GT-R. Pasalnya. Nissan resmi menghentikan produksi GT-R R35 pada Oktober 2024. Pasalnya, model ini menjadi salah satu JDM yang masuk dalam wishlist mereka untuk dikoleksi.

Meskipun demikian, keputusan untuk menghentikan penjualannya ini dilakukan di pasar otomotif Amerika Serikat. Setelah 17 tahun melenggang di Negeri Paman Sam, akhirnya Godzilla ini resmi disuntik mati.

Baca Juga: Daihatsu Cetak Rekor Muri, Servis Serentak 1.000 Km di Seluruh Indonesia

Melansir informasi Autoindustriya pada Rabu (19/06/2024), disebutkan bahwa alasan model ini harus pensiun dikarenakan beberapa hal, seperti usianya yang kini sudah tidak muda lagi, kemudian peraturan emisi global yang semakin ketat untuk menjaga lingkungan tetap hijau dan yang terakhir adalah elektrifikasi sehingga membuat sportcar ini harus undur diri.

Keputusan perusahaan terkait Nissan GT-R stop produksi di Amerika Serikat, rupanya dua tahun lalu model ini juga sudah tidak lagi dijual di Eropa. Hal ini semakin menambah limitasi keberadaan model tersebut di tengah-tengah para petrolhead. Adapun kepastian model ini tidak lagi diniagakan adalah dimulai pada Oktober 2024.

Namun, nantinya Nissan bakal meluncurkan dua edisi khusus T-Spec Takumi dan Skyline Edition. kedua edisi khusus ini didukung oleh mesin V6 turbocharged VR38 yang sama digunakan pada seluruh generasi GT-R. 

Baca Juga: Makin Berani, Mitsubishi Incar 60 Persen Pangsa Pasar Triton Baru

Mesin V6 3,8 liter ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 565 hp dan torsi 467 lb-ft (633 Nm) melalui transmisi otomatis enam percepatan dan disalurkan ke sistem penggerak semua roda. Edisi T-spec Takumi akan menampilkan pelat VIN emas dan lencana khusus pada mesin itu. Namun, cara termudah untuk membedakan edisi khusus ini adalah dari pilihan warnanya. 

Takumi T-spec akan menggunakan kelir midnight purple, aksen warna ungu dengan interior hijau mori, sedangkan edisi Skyline akan menggunakan warna Bayside blue dengan warna biru Sora di dalam edisi Skyline.

Baca Juga: Tawarkan Kemewahan Berkelas, Mazda CX-60 Pro Dibanderol Rp 700 Jutaan

Sedangkan untuk soal harga, Nissan Skyline dibanderol 132.985 USD atau sekitar Rp 2,1 miliar. Sementara untuk T-Spec lebih mahal yakni sekitar 152.985 USD atau Rp 2,5 miliar. Kabarnya, kedua mobil tersebut bakal diproduksi terbatas, kurang dari 200 unit.

Kabarnya, Nissan bakal memiliki model listrik untuk GT-R berdasarkan konsep Hyper Force yang akan hadir pada tahun 2030. Mobil listrik ini bakal dibekali dengan baterai solid-state. Namun hal tersebut belum dapat dipastikan hingga adanya informasi resmi dari pihak Nissan. jk-03/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU