Pemkab Bangkalan Tebar 65 Ribu Bibit Ikan Air Tawar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Jun 2024 19:10 WIB

Pemkab Bangkalan Tebar 65 Ribu Bibit Ikan Air Tawar

SURABAYAPAGI.COM, Bangkalan - Pemkab Bangkalan menebar sebanyak 65 ribu bibit ikan air tawar di sejumlah aliran sungai. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga ekosistem di sekitar sungai dan kelestarian sumber daya perikanan.

"Kegiatan ini merupakan upaya dari Pemprov Jatim dalam meningkatkan populasi ikan lokal serta menjaga ekosistem di sekitar sungai. Melalui langkah restocking beberapa jenis bibit ikan air tawar," kata Asisten Pembangunan Setdakab Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Pemkab Bangkalan Kini Miliki Portal Satu Data

Adapun jenis ikan yang ditebar terdiri dari wader, tawes, baderbang, sangkaring, gurame, dan udang galah. Selain di Kelurahan Sungai Tonjung, penebaran bibit ikan yang juga dihadiri perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim itu dilakukan di aliran Sungai Banjaran dan Arosbaya.

"Jenis ikan yang ditebar sudah disesuaikan dengan ekosistem sungainya, sehingga bibit yang ditebar bisa bertahan hidup, sehingga restocking yang dilakukan berhasil, karena stok yang ada mulai menipis," ucap Bambang.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Bangkalan, Bambang Setyawan, mengatakan bahwa selain untuk menambah populasi ikan lokal, penebaran benih ikan juga bertujuan membangun perekonomian.

Baca Juga: Pemkab Bangkalan Kurasi Promosi Dagang 20 UMKM

"Penebaran ikan ini merupakan langkah budi daya, sehingga menjadi sumber alternatif ketersediaan ikan masyarakat, terutama menjadi potensi wisata pemancingan yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar," tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan ikan air tawar yang ditebar dengan bijak. Menghindari penangkapan dengan cara yang ilegal, seperti setrum, racun dan bahan peledak.

Baca Juga: PJ Bupati Lantik 14 Kepala Desa Hasil Pilkades Serentak Gelombang III

"Mari bersama-sama kita menjaga ekosistem ikan lokal yang dimiliki. Besar harapan kami, populasi ikan ini dapat berkembang biak dan membawa manfaat untuk masyarakat sekitarnya," ujarnya.

Kegiatan berupaya penebaran bibit ikan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Bangkalan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan. Program lain yang telah dilakukan dengan memberikan pembinaan akses permodalan dan pelatihan pengembangan produk. Bk-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU