Gebyar P5, Pentas Seni dan Pameran LP Ma'arif NU MI Thoriqoussalam Bertabur Kreasi Kearifan Lokal

author Handoko Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Sabtu, 22 Jun 2024 11:24 WIB

Gebyar P5, Pentas Seni dan Pameran LP Ma'arif NU MI Thoriqoussalam Bertabur Kreasi Kearifan Lokal

i

Gelaran Pensi (Pentas Seni) siswa - siswi Madharasah Ibtidaiyah (MI) LP Ma'arif NU Thoriqussalam Sepande Kecamatan Candi. SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Pameran Gebyar Karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang sudah dilakukan oleh para siswa - siswi Madharasah Ibtidaiyah (MI) LP Ma'arif NU Thoriqussalam Sepande Kecamatan Candi sangat luar biasa, menyedot perhatian wali murid. Sabtu (22/06/2024).

Pada kesempatan tersebut Sekaligus dilakukan gelar Pensi (Pentas Seni), penampilan keterampilan, kemampuan dan keunggulan mereka dalam seni, tari maupun fashion yang menggambarkan kebinekaan.

Baca Juga: Tim CSL 10 A Dukuhsari RT 10 Menang Masuk Babak 4 Besar Pol A ‘Open Turnamen Volly Spon’

Salah satu stand yang dijaga oleh siswi kelas 4A , Elisa Putri memamerkan karya hiasan bunga berbahan tutup botol plastik, di padukan sedotan dankarton bekas yang hasilnya sangat cantik, begitupun dengan seabrek hasil karya lain yang ramah lingkungan, seperti miniatur bangunan masjid, rumah, kotak pensil dan lampu dari limbah kayu setik es krim dan sedotan plastik dari bahan limbah sampah kini berubah jadi bahan komoditas seni yang ada nilai ekonomisnya.

Begitupun dengan aneka sajian makanan dan minuman berbahan baku tradisional jhasil karya siswa juga ikut di pamerkan dalam gebyar Market Day yang beraneka ragam hahanan seperti lemper bakar, jelly, minuman tradisional serta aneka cake." Kami senang ada pembelajaran praktek produksi dan pemasaran hasil karya" ujar para siswa yang didukung wali muridnya.

“Sangat senang, karena asyik bisa belajar untuk melatih keterampilan. dan gotong royong berkerja sama” ungkap Elisa Putri siswi MI Thoriqussalam dengan tersenyum.

Baca Juga: Program Optimalisasi PBB, Fokuskan Kesejahteraan Desa Dukuhsari Tertib Pajak

“Kami membuat kerajinan tradisional dan alat pembelajar modern seperti Miniatur tata surya yang juga kita tampilkan di ajang gelar karya P5 ,” jelas siswa yang lainya.

Kepala MI Thoriqussalam, Dra Roudlotul Jannah sangat mengapresiasi gelar karya P5, pentas seni dan pameran karya anak didiknya, kegiatan yang melibatkan seluruh siswa, para guru dan wali murid.
Ia menuturkan, " Alhamdulillah kegiatan anak didik kami berjalan dengan baik dan lancar" ujarnya.

Ibu Kasek MI Thoriqussalam, Roudlotul Jannah juga menyebutkan bahwa kegiatan Gelar gebyar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini sudah dilakukan sejak tahun ajaran yang telah lalu yang dilakukan oleh siswa dan siswi kelas 1 sampai 4 namun saat ini tahun ajaran 2024 - 2025 telah di lakukan oleh siswa dan siswi kelas 2 dan 5 yang selanjutnya kelas 3 dan 6.

Baca Juga: Wayang Gagrak Porongan Urangagung Disambut Ratusan Komunitas Pecinta Budaya

Untuk Pentas Seni kali ini siswa siswi MI Thoriqussalam Sepande menampilkan keunggulan mereka, kemampuan mereka, baik dalam seni religius maupun muatan lokal

Sementara itu wali murid yang juga hadir dalam pameran tersebut juga gembira “Saya sangat bangga dengan hasil karya anak-anak, luar biasa, ujar Efendi (45) warga setempat. Demikian juga wali murid yang lain turut bangga atas penampilan anak anaknya, saya juga menyaksikan satu per satu produk yang di hasilkan, "Membuat saya terharu dan ‘trenyuh’ anak-anak yang seperti kalian ini ternyata luar biasa, hebat banget, kreatif dan inovatif,” ungkapnya. Hdk/hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU