Peternak Rugi Puluhan Juta, Ribuan Ayam Petelur Mati Terpanggang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Jun 2024 09:32 WIB

Peternak Rugi Puluhan Juta, Ribuan Ayam Petelur Mati Terpanggang

i

Kondisi kandang ayam petelur di Kawedanan, Magetan yang hangus terbakar pada Minggu (23/06/2024) malam. SP/ MGT

SURABAYAPAGI.com, Magetan - Salah satu kandang ayam petelur milik Kabul Budiono, warga Desa Jambangan Kecamatan Kawedanan, Magetan, Jawa Timur hangus terbakar pada Minggu malam (23/06/2024). Akibatnya, ribuan unggas itu mati terpanggang lantaran terkurung rapat dalam kerangkeng kandang.

Kebakaran tersebut diketahui dipicu korsleting listrik, ditambah kondisi kering dan angin berembus, sehingga api langsung membesar. Warga langsung meminta tolong Damkar Magetan.

Baca Juga: Kandang Ayam di Jombang Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta

Sebanyak empat mobil Damkar Magetan langsung menuju ke lokasi di kandang yang berada di dekat pemukiman warga itu. Sekitar satu jam kemudian, api akhirnya padam dan dilanjutkan pendinginan.

“Kami dapat laporan sekitar pukul 21.06 WIB, kami sampai lokasi pukul 21.20 WIB. Diduga penyebabnya karena korsleting listrik kandang,” terang Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Magetan, Ali Sukamto, Senin (24/06/2024).

Baca Juga: Sijago Merah Lalap Dapur, Robohkan Dinding Bambu Rata dengan Tanah

Beruntung, tidak ada korban luka maupun korban jiwa karena kejadian itu. Namun, ribuan ekor ayam terpanggang. Namun untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta.

Sedangkan untuk bangkai ribuan ayam yang telah matang itu, menurut Kepala Desa Jambangan, David Indra Kusuma, hingga usai pemadaman api belum ada penanganan. 

Baca Juga: Rumah di Kediri Terbakar, Lansia Tewas Terpanggang

“Karena ini musim kemarau, api mudah membesar jika muncul. Kami imbau masyarakat agar waspada terhadap munculnya kebakaran. Utamanya saat meninggalkan rumah,” pungkasnya. mgt-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU