Ferrari Bakal Debutkan Mobil Listrik Perdananya, Ditaksir Mulai Rp 8 Miliaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Jun 2024 11:46 WIB

Ferrari Bakal Debutkan Mobil Listrik Perdananya, Ditaksir Mulai Rp 8 Miliaran

i

Ferrari akan meluncurkan mobil listrik pertamanya. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pabrikan berlogo kuda jingkrak, Ferrari akan meluncurkan mobil listrik pertamanya yang dibanderol dengan harga mulai 500 ribu euro atau setara dengan Rp 8,8 miliar. Rencananya, Ferrari akan membuka pabrik baru di Maranello untuk memproduksi model tersebut. 

Pabrik baru di Maranello itu akan menyediakan jalur perakitan tambahan bagi Ferrari, untuk produksi mobil berbahan bakar bensin, hibrida, serta kendaraan listrik, termasuk komponen-komponen untuk hibrida dan kendaraan listrik.

Baca Juga: Mercedes-AMG GT 63 Pro 4Matic+ Tampil Sporty Bertenaga Supercar

Pabrik ini akan beroperasi penuh dalam tiga hingga empat bulan, menurut sumber tersebut. Sumber itu juga mengungkapkan bahwa model EV kedua sedang dikembangkan, meskipun masih dalam tahap awal.

"Pabrik canggih ini akan menjamin fleksibilitas dan kapasitas teknis yang melebihi kebutuhan kami di tahun-tahun mendatang," kata CEO Ferrari, Benedetto Vigna, Senin (24/06/2024).

Baca Juga: Scomadi Turismo Technica Edisi Spesial, Tersedia Hanya 100 Unit

Sementara itu, diketahui meski terkenal dengan mesin bensin bertenaga tinggi, Ferrari yakin mobil listrik ini akan menarik minat pengemudi kelas atas saat diluncurkan akhir tahun depan. Sedangkan untuk label harga yang disebutkan ini belum termasuk fitur dan personalisasi yang biasanya menambah 15-20% dari harga dasar. 

Tanpa sentuhan personalisasi itu, mungkin harga mobil listrik Ferrari akan lebih murah, estimasinya dijual sekitar 350 ribu euro yang setara dengan Rp 6,16 miliar. Namun, Ferrari saat ini belum mengungkap soal harga mobil listrik perdananya itu.

Baca Juga: Tahun Depan, Genesis GV60 Magma Concept Masuk Tahap Produksi

Sementara itu, saingan Ferrari, yakni Lamborghini, berencana mulai menjual model EV pertamanya pada tahun 2028. CEO Lamborghini, Stephan Winkelmann, mengatakan kepada Reuters bahwa memiliki produk yang tepat lebih penting daripada menjadi yang pertama di pasar.

"Saya memperkirakan EV baru ini akan menjadi model khusus, yang menyumbang lebih dari 10% penjualan tahunan," kata Analis Mediobanca, Andrea Balloni, menambahkan bahwa pelanggan inti Ferrari masih lebih menyukai model berbahan bakar bensin. jk-05/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU