Kabar Gembira, Kereta Api Banyuwangi-Jakarta Segera Hadir Juli 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 13:14 WIB

Kabar Gembira, Kereta Api Banyuwangi-Jakarta Segera Hadir Juli 2024

i

Ilustrasi. perjalanan kereta api (KA) dari Banyuwangi-Jakarta via Semarang akan segera diluncurkan. SP/ BNY

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Kabar gembira untuk warga Banyuwangi, Jawa Timur. Pasalnya, kini perjalanan kereta api (KA) dari Banyuwangi-Jakarta via Semarang akan segera diluncurkan pada Juli 2024 mendatang, Selasa (25/06/2024).

Melalui Instagram resminya, Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi mengunggah sebuah postingan bertuliskan "Coming Soon Banyuwangi-Jakarta via Semarang Juli 2024", Rabu (26/06/2024).

Baca Juga: Menparekraf Tawarkan Desa Wisata di Banyuwangi ke UN Tourism

Kabar ini disambut antusias oleh masyarakat, terbukti dengan komentar positif yang membanjiri postingan Dishub Banyuwangi. Akun @elkopicofferoastery mendoakan kelancaran dan kesuksesan relasi baru ini, "Semoga sukses dan lancar, Aaminn Ya Robbal Alamin,” bunyinya. 

Sementara, @mochokysaputra mengungkapkan rasa senangnya dengan berkomentar "Mantap gass terus,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, isu adanya KA dengan perjalanan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi memang sudah terdengar. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 9 Jember sebelumnya sudah menyebar kuesioner terkait rencana KA baru Jakarta-Banyuwangi.

Baca Juga: UNAIR Buka Pendaftaran Kedokteran di Banyuwangi

Ada beberapa opsi untuk KA baru tersebut, antara lain memperpanjang rute KA Blambangan Ekspres (Ketapang-Semarang Tawang Bank Jateng PP) atau KA Pandalungan (Jember-Gambir PP). Namun, dengan beberapa pertimbangan, PT KAI memilih opsi memperpanjang rute KA Blambangan Ekspres. 

Kehadiran rute Kereta Api Banyuwangi-Jakarta ini juga menjadi alternatif moda transportasi yang lebih nyaman, aman, dan ramah lingkungan bagi masyarakat yang ingin bepergian ke Jakarta.

Baca Juga: Pulau Bransring, Surga Tersembunyi di Banyuwangi yang Pukau Wisatawan

Selain itu, relasi Kereta Api Banyuwangi-Jakarta baru ini juga dapat menjadi pilihan wisatawan yang hendak berkunjung ke Banyuwangi, selain menggunakan bus dan pesawat.

Diharapkan dengan hadirnya rute Kereta Api Banyuwangi-Jakarta, konektivitas dan aksesibilitas antar daerah semakin terhubung, mendorong geliat ekonomi lokal dan membuka peluang baru bagi kemajuan Banyuwangi. bny-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU