Investasi di Kota Madiun Minim Realisasi, DPMPTSP Optimis Akhir Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 13:30 WIB

Investasi di Kota Madiun Minim Realisasi, DPMPTSP Optimis Akhir Tahun

i

Ilustrasi. Sektor perhotelan juga terbanyak menyumbang realisasi invetasi di Kota Madiun. SP/ MDN

SURABAYAPAGI.com, Madiun - Realisasi investasi Kota Madiun masih belum separo dari target yang ditetapkan. Padahal Kota Madiun termasuk dalam 10 daerah di Jatim dengan realisasi investasi terbesar berdasarkan catatan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jatim.

Diketahui, realisasi investasi di Kota Madiun sampai akhir Mei 2024 baru tercapai Rp 75 Miliar. Padahal dalam setahun, nilai investasi yang masuk di target mencapai Rp 196 Miliar.

Baca Juga: Pemkab Permudah Investor Berinvestasi di Situbondo

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Madiun, Ahsan Sri Hasto mengatakan, minimnya realisasi investasi itu terjadi karena ada beberapa investor yang belum membuka kegiatan usahanya alias masih berproses. Sehingga nilai investasinya belum bisa dihitung.

“Sebenarnya sudah banyak yang masuk (investasi), tapi karena belum beroperasi ya belum dihitung investasinya. Tapi saya yakin nanti pasti terlampaui, karena dari tahun ke tahun justru realisasinya melebihi target,” kata Ahsan, Rabu (26/06/2024).

Meski begitu, Ahsan optimistis target investasi tersebut bisa tercapai pada akhir tahun nanti.

Baca Juga: Kian Menggeliat, Investasi Triwulan I di Nganjuk Capai Rp 365 Miliar

“Per hari ini sudah banyak (investor) yang masuk. Tapi, karena (usahanya) belum beroperasi, sehingga belum dihitung sebagai realisasi investasi,” terangnya.

Untuk mendorong capaian investasi, kata Ahsan, pemkot terus melakukan berbagai promosi sekaligus pemberian kemudahan proses perizinan.

Baca Juga: OJK Bekukan Sementara Dua Izin Ahmad Rafif Raya

“Saya yakin akan melampaui target,” yakin Ahsan yang juga merangkap jabatan sebagai asisten administrasi pembangunan dan umum tersebut.

Sebagai informasi, investasi di Kota Madiun diketahui paling banyak terdapat di sektor jasa, perhotelan, dan perdagangan. Pun nantinya akan dikembangkan di sektor lain, salah satunya pariwisata. mdn-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU