Sistem Pengereman Bermasalah, Porsche Taycan Terdampak Recall

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 28 Jun 2024 11:03 WIB

Sistem Pengereman Bermasalah, Porsche Taycan Terdampak Recall

i

Produsen spesialis mobil sport Porsche model Porsche. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Produsen spesialis mobil sport asal Jerman, Porsche baru-baru ini mengumumkan penarikan kembali (recall) model Taycan di seluruh dunia karena permasalahan sistem pengereman. Masalah tersebut teridentifikasi kurang dari 1 persen dari seluruh model Taycan yang dijual secara global sejak diluncurkan pada 2020 lalu.

Diketahui, masalah pada selang pengereman di bagian depan mengalami sejumlah keretakan sehingga menyebabkan minyak rem bocor. Dengan demikian, dapat mengurangi tekanan rem dan efektivitas sistem dan berisiko pada keselamatan pengemudi.

Baca Juga: 14 Unit Daihatsu Tampil Kece di Booth Diorama Seluas 1.960 Meter Persegi

Sementara itu, menurut laporan Autocar yang dikutip pada Jumat (28/06/2024), Porsche belum mengungkapkan jumlah yang terdampak recall, akan tetapi pihaknya telah menjual sebanyak 150.000 unit secara global sejak model ini diluncurkan pada 2020 lalu.

Namun, pihaknya telah melakukan sejumlah analisis mengenai kualitas di bagian internal dan menetapkan bahwa kegagalan ini dapat terjadi dalam beberapa kasus saja.

“Keselamatan adalah prioritas utama kami, jadi kami memutuskan perlu mengoptimalkan selang rem di gandar depan dan memutuskan konstruksi baru,” kata Manager Taycan Project Kevin Giek, Jumat (28/06/2024).

Baca Juga: Tampil Gagah di Segala Medan, GWM Tank 300 Bakal Dijual September

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan sejumlah perubahan mulai dari mendesain ulang selang, titik pengereman, dan kinematic terbaru. Porsche meyakini kegagalan ini dapat diminimalisir dengan perubahan ini.

“Kami telah mendesain ulang selang terbaru, titik pengereman, dan kinematik baru. Ini membuat kami sangat yakin bahwa kegagalan ini tidak akan terjadi lagi,” ungkap Giek.

Baca Juga: BYD Luncurkan MPV Listrik Pertamanya M6, Mulai Rp 300 Jutaan

Sebagai informasi, permasalahan mobil sport asal Jerman model Taycan bukanlah pertama kalinya terdampak program recall. Sebelumnya, Porsche mengumumkan bahwa Taycan mengalami kerusakan pada modul baterai.

Hal ini menyebabkan model seperti Audi e-tron juga terdampak karena berbagi modul baterai yang sama dengan Porsche Taycan. Keduanya telah memulai penyelidikan dengan LG Energy Solution Wroclaw sebagai pemasok baterai. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU