Pemkab Banyuwangi Gelar Festival Arsitektur di Kawasan Agrowisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Jun 2024 19:23 WIB

Pemkab Banyuwangi Gelar Festival Arsitektur di Kawasan Agrowisata

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur tahun ini kembali menggelar Festival Arsitektur Nusantara (FAN) 2024 yang telah menjadi komitmen pemerintah daerah setempat untuk mendorong pembangunan berkelanjutan.

"Festival arsitektur telah memasuki tahun ke-4 FAN 2024, digelar di kawasan Agrowisata Tamansuruh -AWT- Banyuwangi, 26-7 Juli 2024," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Minggu (30/6).

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Fasilitasi HKI bagi Pelaku UMKM

Dia menjelaskan, pemkab terus mendorong pelibatan para arsitek dalam pembangunan bangunan dan ruang-ruang publik.

"Dengan melibatkan para arsitek, bangunan yang ada tidak sekadar memenuhi fungsi, namun juga apik secara estetika," katanya.

Menurut Bupati Ipuk, melibatkan arsitek juga dapat mendorong penggunaan teknologi hijau dan pendekatan berkelanjutan dalam pembangunan.

Baca Juga: Banyuwangi Festival 2024 Hadirkan 12 Event Menarik

Festival Arsitektur Nusantara 2024, katanya, mengusung tema desain "Arsitektur dan Air"

Tampak puluhan desain arsitek dari Banyuwangi dan daerah lain di Jawa Timur yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jatim menampilkan karyanya yang berwawasan lingkungan.

"Tema ini kami angkat karena arsitek sebagai pelaku pembangunan berperan besar dalam pelestarian air atau konservasi. Tujuannya untuk menciptakan sebuah bangunan yang menggunakan energi, air, dan sumber daya lain seefisien mungkin, melindungi kesehatan penghuni dan meningkatkan produktivitas pengguna," kata Ipuk.

Baca Juga: Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan pre-Even Geotourism Festival

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Banyuwangi Suyanto Waspo Tondo mengatakan, dalam kegiatan Festival Arsitektur Nusantara 2024 terdapat pula rangkaian kegiatan mulai dari  pameran, seminar, dan workshop arsitektur.

"FAN 2024 juga akan diisi lomba sketsa on the spot pada 30 Juni dengan objek Rumah Osing di sekitar lokasi. Dibuka untuk umum," kata Yayan, sapaan akrabnya. Bn-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU