Home / Otomotif : Hypercar Terinspirasi Formula F1

Aston Martin Valiant Diproduksi Super Terbatas Cuma 38 Unit di Dunia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Jul 2024 10:40 WIB

Aston Martin Valiant Diproduksi Super Terbatas Cuma 38 Unit di Dunia

i

Aston Martin Valiant (tampak belakang) diproduksi super terbatas cuma 38 unit di dunia. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Aston Martin Valiant, mobil sport edisi super terbatas ini awalnya dikembangkan sebagai peningkatan dari Aston Martin Valour yang dipersonalisasi untuk pembalap Formula 1, Fernando Alonso. Dan model Valiant sekarang ini diproduksi dalam jumlah terbatas oleh divisi kustomisasi Aston Martin, Q.

Kepala Merek Global dan Kepala Komersial Aston Martin, Marco Mattiacci lewat keterangan resmi mengungkap, model Valiant sekarang ini diproduksi dalam jumlah super terbatas oleh divisi kustomisasi Aston Martin, Q yakni sebanyak 38 unit di dunia.

Baca Juga: Mercedes-AMG GT 63 Pro 4Matic+ Tampil Sporty Bertenaga Supercar

"Kreasi divisi Q Aston Martin, terinspirasi oleh legenda balap dan dibuat menggunakan teknologi terbaru yang terinspirasi F1, material eksotis, dan pengurangan bobot yang obsesif. Ini berfokus pada menempatkan pengemudi dalam pengalaman berkendara yang benar-benar unik, intens, dan emosional," ungkap Marco Mattiacci, Senin (01/07/2024).

Secara visual, Valiant jauh lebih agresif dibanding Valour yang lebih halus. Bodinya ditingkatkan dengan penggunaan besar-besaran serat karbon, termasuk pada splitter baru, multi-layer dekat roda depan, diffuser belakang, hingga grilnya yang lebih lebar.

Melirik bagian sampingnya, akan ada spatbor baru, side skirt kompleks yang terinspirasi dari ajang balap Formula 1, serta cakram aero pada roda 21 inci. Di belakangnya juga ditambahkan spoiler tinggi yang agresif.

Baca Juga: Scomadi Turismo Technica Edisi Spesial, Tersedia Hanya 100 Unit

Apa yang ada di balik kap mesinnya tidak berubah. Namun, berkat penghematan bobot, peningkatan bodi, dan penurunan downforce untuk lebih melekat ke aspal, membuat kinerjanya sedikit lebih baik.

Mesin twin-turbo V12 5,2 liter sebagai jantung pacunya mampu memuntahkan 735 tenaga kuda dan torsi puncak 753 Nm. Ini adalah peningkatan 30 tenaga kuda, walau dengan angka torsi tetap. Tenaganya kemudian akan dioper ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan.

Untuk mendukung kenyamanan, terdapat peredam Multimatic Adaptive Spool Valve yang dapat menyesuaikan salah satu dari 32 kurva peredam dalam waktu kurang dari enam milidetik.

Baca Juga: Tahun Depan, Genesis GV60 Magma Concept Masuk Tahap Produksi

Interiornya juga telah disesuaikan dengan menambahkan banyak komponen serat karbon baru di half-cage, jok Recaro Podium, tali harness balap empat titik, hingga roda kemudi palang tiganya. Mewujudkan komitmen penuh tekad Aston Martin untuk menciptakan mobil langka dan luar biasa bagi pengemudi sejati.

Sebagai informasi, hypercar ini akan menjadi sumber pendapatan besar karena menurut bisikan sumber internal, pembeli harus menggelontorkan sekitar 2 juta Poundsterling atau setara Rp 41,4 miliar untuk memesannya, dan itu belum terhitung pajak. jk-03/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU