Resmi Dibuka, Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Genting Berpotensi Picu Perekonomian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Jul 2024 14:41 WIB

Resmi Dibuka, Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Genting Berpotensi Picu Perekonomian

i

Ilustrasi. Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Genting, Desa Wotanmasjedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto resmi dibuka. SP/ MJK

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Resmi dibuka, jalur pendakian gunung Penanggungan via Genting Desa Wotanmasjedong, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto bisa menjadi sebuah upaya untuk mencintai dan melestarikan alam di Bumi Majapahit.

Pada kesempatan itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberangkatkan 1.000 orang pendaki via jalur baru tersebut. Selain itu, dirinya berharap agar kedepannya ekonomi dan kesejahteraan warga sekitar bisa meningkat melalui elemen-elemen pendukung wisata.

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru, Pengrajin Tas Meringis, Omzet Penjualan Turun 40 Persen

“Kegiatan ini sangat luar biasa, saya senang sekali karena warga Genting, Desa Wotanmasjedong bisa berkomitmen untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Karena pendakian itu untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada alam,” tuturnya, Senin (01/07/2024).

“Harapannya stakeholder bersama warga bisa kerjasama dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan alam di sekitar yang mempunyai potensi wisata jalur Penanggungan. Juga akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan khusunya warga dusun Genting, Desa Wotanmasjedong ini,” harapnya.

Baca Juga: Pabrik di Mojokerto Terbakar, 1 Orang Terluka

Pasalnya, Gunung Penanggungan merupakan salah satu tempat favorit bagi para pendaki dan sudah menjadi tempat tujuan wisata bagi wisatawan dari luar daerah.

Jalur pendakian via Genting ini sendiri berada di sebelah utara Gunung Penanggungan. Rutenya melewati beberapa bangunan sejarah dan markah, seperti Candi Sengon, Candi Penanggungan, Candi Merak, Candi Pendowo, Candi Yudo, Candi Sinta dan Pohon Akar Seribu. Selain itu terdapat juga persimpangan rute yang menuju Gunung Bekel dan Gunung Gajah.

Baca Juga: Potensi Kerawanan Pilbup 2024 Cukup Tinggi, Bawaslu Ajak Masyarakat Ikut Aktif Awasi

Kedua gunung tersebut berada di sekitar Gunung Penanggungan. Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Norman Handito, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Zaqqi, Camat Ngoro beserta Forkopimca Ngoro, dan Jajaran Pemerintah Desa Wotanmasjedong. mjk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU