Buruh Korban PHK, Janji Lumpuhkan Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Jul 2024 21:07 WIB

Buruh Korban PHK, Janji Lumpuhkan Indonesia

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mengancam bakal melumpuhkan Indonesia.

Ini bila Kemendag dan Kemenhub tidak  mencabut regulasi itu dalam kurun waktu 1x7 hari.

Baca Juga: Mendag Zulhas, Biang Keladi PHK Masal Buruh Tekstil

"Kita kasih 1 x 7 hari, kalau sampai Permendag tidak dicabut, kita lumpuhkan Indonesia. Benar, kita lumpuhkan. Buruh-buruh tekstil kita suruh stop produksi karena mereka terancam PHK. Buruh-buruh kurir dan logistik kita suruh berhenti tidak usah kirim barang. Pos Indonesia kita minta ikut pemogokan, 1x7 hari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 8 tahun 2024 dan Peraturan Menteri Perhubungan atau Dirjen Perhubungan Darat tentang platform asing boleh ikut kurir dan logistik harus dicabut," kata Said Iqbal, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Ancam Mogok Nasional, Buruh Minta Permendag 8/2024 Dicabut

Serikat buruh yang ancam itu tergabung dalam Partai Buruh, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Serikat Pekerja Nasional (SPN). Mereka melakukan aksi demonstrasi di Patung Kuda Arjuna Wijaya siang . Aksi demonstrasi ini dipimpin langsung oleh Presiden Partai Buruh, Said Iqbal.

Iqbal kemudian menjelaskan, bahwa pihaknya bakal datang untuk meminta audiensi dengan pejabat sejumlah kementerian tersebut. Harapannya, elemen buruh bisa menyampaikan langsung permohonan pencabutan Permendag 8 Tahun 2024.

Baca Juga: Gerakan Buruh, Jaringan dan Aspirasi Politiknya

PHK di depan mata. Jadi yang dibilang pertumbuhan ekonomi itu hanya dinikmati di sektor komoditas, tapi di sektor manufaktur terjadi PHK. Gagal pemerintah, PHK di mana-mana, apalagi di industri manufaktur," kata Said Iqbal kepada wartawan di lokasi demo. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU