Bupati Blitar Resmikan Program Ratu Semut

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 18:49 WIB

Bupati Blitar Resmikan Program Ratu Semut

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Dalam upaya mengatasi permasalahan stunting yang masih menjadi tantangan di Kabupaten Blitar, siang ini Jumat (5/7), Bupati Rini Syarifah meresmikan program Orang Tua Asuh Sinergi Menangani Stunting yang dikenal dengan akronim “Ratu Semut”. Program ini merupakan inovasi dari Kecamatan Wates yang melibatkan berbagai elemen masyarakat guna mempercepat penanganan stunting.

"Siang ini saya me-launching program Orang Tua Asuh Sinergi Menangani Stunting atau disingkat Ratu Semut. Ini  sebuah inovasi dari Kecamatan Wates yang bertujuan untuk mempercepat penanganan stunting dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada," ujar Bupati Rini Syarifah dalam sambutannya. 

Baca Juga: Pemkab Blitar Siapkan Dana Revitalisasi Pasar Nglegok Rp 3 Miliar

Program Ratu Semut mengedepankan kolaborasi lintas sektoral dengan melibatkan partisipasi aktif dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan seperti PKK, Persit Bhayangkari, MWC NU, Muslimat, Fathayat, PC Muhamadiyah, Aisyiyah, serta seluruh masyarakat Kecamatan Wates.

Harapannya, dengan sinergi ini, percepatan penurunan stunting dapat tercapai dengan lebih efektif.

Rini Syarifah juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam program ini.

Baca Juga: Pemkab Blitar Komitmen Dukung Koperasi Berkualitas Dipenuhi Beragam Inovasi

“Semoga sinergi dan kolaborasi ini memberi dampak yang signifikan dalam upaya percepatan penurunan stunting. Harapan saya, program ini menjadi pilot project untuk bisa diimplementasikan di seluruh kecamatan di Kabupaten Blitar,” tambahnya.

Selain meluncurkan program Ratu Semut, pada kesempatan yang sama, bupati Blitar juga menyerahkan bantuan untuk rumah tidak layak huni (rutilahu) kepada 12 penerima. Masing-masing penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp20.000.000.

Baca Juga: Bupati Blitar Lakukan Larung Sesaji di Pantai Serang

Bantuan ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk membangun solidaritas dan semangat gotong royong dalam membantu sesama.

Program Ratu Semut diharapkan dapat menjadi katalisator perubahan dalam upaya penanganan stunting di Kabupaten Blitar. Melalui kolaborasi yang solid antara pemerintah, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat, diharapkan angka stunting dapat diturunkan secara signifikan dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Bl-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU