Home / Ekonomi dan Bisnis : Mudahkan UMKM Catat Transaksi Keuangan

BI-Pemkab Situbondo Siapkan Aplikasi SIAPIK

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 18:53 WIB

BI-Pemkab Situbondo Siapkan Aplikasi SIAPIK

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Jember menyediakan aplikasi Sistem Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) bagi pelaku UMKM setempat untuk pencatatan keuangan digital.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo Edy Wiyono mengatakan aplikasi SIAPIK tersebut disiapkan oleh Bank Indonesia dan bisa digunakan oleh pelaku UMKM.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Situbondo Krisis Air Bersih

"Aplikasi pencatatan keuangan digital ini tentu akan memudahkan pelaku UMKM mencatat transaksi keuangan usaha mereka. Jadi bisa mencatat modal berapa, belanja berapa hingga keuntungan, sehingga bisa langsung mengetahui laba yang diperoleh," ujarnya seusai membuka kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis manajemen keuangan dihadiri puluhan UMKM di Situbondo, Jumat (5/7).

Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Situbondo Agung Sabowo menjelaskan bimbingan teknis manajemen keuangan bagi UMKM Situbondo ini menjadi bekal bagi mereka untuk menggunakan aplikasi pencatatan keuangan digital yang disediakan oleh Bank Indonesia.

"Untuk sementara mengawali ada sekitar 50 pelaku UMKM yang akan mulai menggunakan aplikasi SIAPIK. Tentu ini membantu UMKM dalam transaksi keuangan-nya," katanya.

Baca Juga: Sekda : Berdampak Positif Terhadap Perekonomian Daerah

Tidak hanya itu, lanjut Agung, puluhan pelaku UMKM tersebut juga mendapatkan pelatihan untuk antisipasi dan mengetahui mata uang palsu rupiah palsu dari Bank Indonesia Perwakilan Jember.

"Pelaku UMKM Situbondo juga diberi pengetahuan bagaimana mereka mendeteksi dan mengetahui uang palsu saat transaksi keuangan di tempat usahanya," ujarnya.

Baca Juga: Angka Stunting Situbondo Tiga Terendah Nasional

Agung berharap pelaku UMKM yang sudah mengikuti bimbingan teknis manajemen keuangan dari Bank Indonesia menyebarluaskan kepada UMKM lainnya.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Jember dengan memberikan pembinaan UMKM di Situbondo," tuturnya. St-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU