PPN Pengambengan Bali Disiapkan Jadi Pelabuhan Internasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 19:15 WIB

PPN Pengambengan Bali Disiapkan Jadi Pelabuhan Internasional

SURABAYAPAGI.COM, Bali - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengakui, pihaknya siap merealisasikan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Bali sebagai pelabuhan perikanan bertaraf internasional.

Dengan demikian, kapal perikanan baik milik nelayan maupun industri yang sebelumnya bersandar di Pelabuhan Benoa akan dipindahkan ke PPN Pengambengan, hal ini karena Pelabuhan Benoa diperkirakan menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) Bali Maritime Tourism Hub.

Baca Juga: Fase Pemulangan Hari ke-21, Dua Kloter Provinsi Bali Tiba di Debarkasi Surabaya

“Itu salah satu revitalisasi, jadi kita geser karena di Benoa kan zona wisata,” ujar Trenggono dalam konferensi pers yang digelar di Bali, Jumat (5/7).

Ia mengungkapkan, anggaran untuk proyek pelabuhan perikanan terintegrasi dan pusat perikanan internasional telah disiapkan, kini pihaknya tengah menyiapkan kajian dari sisi lingkungan hidup hingga kapasitas kapal yang dapat ditampung serta kehadiran industri dan fasilitas ruang penyimpanan berpendingin (cold storage) yang akan dihadirkan di kawasan itu.

Baca Juga: Misi Dagang Jatim di Bali Catatkan Rekor Transaksi Tertinggi, Capai Rp425 miliar

Untuk menghindari benturan antara kapal kecil nelayan serta kapal industri dengan kapasitas besar, ia mengungkapkan bakal menyiapkan beberapa zona sesuai dengan jenis kapal.

“Nanti diatur, nanti nelayan kecil di zona sini, zona agak barat. Nelayan industri sebelah sini, semua saling melengkapi karena kita harapkan menjadi zona industri pengolahan terus kemudian pendinginan ada di situ,” jelasnya.

Baca Juga: Bali Berkontribusi 80 Persen pada Kunjungan Wisman

Trenggono menargetkan rencana pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan dapat dimulai pada tahun ini. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU