Bajaj Freedom, Motor Berplatform CNG Pertama di India Resmi Debut

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Jul 2024 11:32 WIB

Bajaj Freedom, Motor Berplatform CNG Pertama di India Resmi Debut

i

Produsen asal India Bajaj Auto resmi meluncurkan sepeda motor, model Freedom mulai dari 95.000 rupee atau kisaran Rp 18,4 jutaan. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Produsen asal India, Bajaj Auto resmi meluncurkan sepeda motor Freedom dengan performa Compressed Natural Gas (CNG) pertama. Artinya, motor ini bisa menenggak bensin dan gas sebagai bahan bakar. Terobosan baru tersebut diyakini dapat menghemat biaya bahan bakar hingga 50 persen, Minggu (07/07/2024).

Diketahui, platform Compressed Natural Gas (CNG) merupakan gas alam yang dikompresi dan disimpan di dalam tangki. Ketika dipakai berkendaraan, gas tersebut dimasukkan ke dalam mesin yang nantinya bercampur dengan udara. Cara kerjanya tak berbeda dengan mesin pembakaran internal tenaga bensin.

Baca Juga: Italia dan Spanyol Kompak Dukung Tarif UE Soal Impor EV China

Berdasarkan laporan dari Ride Apart, CNG ini diklaim lebih ramah lingkungan karena menghasilkan lebih sedikit polutan, serta memperpanjang usia mesin pembakaran internal.

Secara desain, motor satu ini hadir dengan kombinasi motocross dan scrambler dengan kursi panjang yang menghadirkan kenyamanan, ditambah dengan suspensi mono link.

Selain itu, juga dibekali suspensi teleskopik pada bagian depan dan monoshock di bagian belakang. Sementara kaki-kakinya dibekali velg ring 17 inci. Sistem pencahayaan sudah menggunakan LED, dan tak ketinggalan pelindung roda belakang.

Baca Juga: Toyota Prius PHEV Meluncur, Solusi Baru Beyond Zero Emission

Freedom CNG dilengkapi dengan rangka kekar, dengan kombinasi pelek 17 inci serta hadir beberapa fitur menarik meliputi konektivitas bluetooth hingga layar digital yang memberikan ragam informasi kendaraan.

Secara mekanis, Freedom ditenagai oleh mesin 125cc berpendingin udara horizontal yang menghasilkan tenaga 9,3 hp dan 9,7 Nm serta dikawinkan dengan gearbox lima percepatan.

Baca Juga: IMOTO Kenalkan Konsep Motor Listrik VISION.ev, Siap Jualan di 2025

Mengutip Rushlane.com pada Minggu (07/07/2024), pihak Bajaj memastikan motor baru ini sudah lulus 11 tes keamanan. Dengan perpaduan 2 kg gas CNG dan 2 liter bensin, Bajaj Freedom 125 diklaim dapat melaju sampai 330 km.

Sementara itu, menyoal harga, Bajaj Freedom dibanderol mulai dari 95.000 rupee atau kisaran Rp 18,4 jutaan yang hadir dengan beragam pilihan warna, meliputi Pewter Grey, Ebony Black, Racing Red, Cyber White dan Caribbean Blue. Sementara tipe tertinggi dengan rem cakram dan lampu LED dibanderol Rs 110.000 atau sekitar Rp 21,4 jutaan. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU