Kontes 700 Ikan Koi di Kota Blitar, Wadah Promosi Tembus Pasar Ekspor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Jul 2024 09:59 WIB

Kontes 700 Ikan Koi di Kota Blitar, Wadah Promosi Tembus Pasar Ekspor

i

Kontes ikan koi dalam piala Wali Kota Blitar tampak meriah. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Kontes Koi Piala Wali Kota Blitar tampak meriah dengan diikuti sebanyak 700 ikan koi dari berbagai daerah di Indonesia di Kota Blitar, Senin (08/07/2024) dengan keseluruhannya ada 21 jenis ikan koi yang diikutsertakan.

Mereka datang jauh-jauh dari daerahnya masing-masing dengan mengadu kecantikan dan keindahan dari warna ikan koi yang dimilikinya masing-masing yang berasal dari 60 klub yang ada di Indonesia. 

Baca Juga: Bantuan Seragam Sekolah Gratis Rp 2,1 Miliar SD-SMP di Kota Blitar Molor

“Di sini ada lima kategori yang dipertandingkan A-B-C-D-E kalau penilaiannya yang sama seperti di lomba-lomba yang lain mulai dari warna bukan cuman warna bentuk ukuran tubuh,” kata Kholid Firdaus, Ketua Panitia Kontes Koi Piala Wali Kota Blitar, Senin (08/07/2024).

“Para peserta inikan tergabung dalam Asosiasi Pecinta Koi Indonesia jadi sudah tahu bagaimana kriteria penjuriannya,” imbuhnya.

Kontes ikan koi ini pun disambut baik oleh para peternak. Para peternak menganggap acara ini sebagai wadah untuk mengenalkan hasil budidaya ikan koinya selama ini. Sehingga harapannya ikan koi di seluruh Indonesia bisa dikenal luas bukan hanya masyarakat lokal namun juga tembus ke luar negeri (pasar ekspor).

Baca Juga: Masa PPDB, Penjualan Baju Seragam Sekolah Ketiban Cuan 3 Kali Lipat

“Ini sangat baik ya sebagai wadah promosi dan menunjukkan kualitas ikan koi yang kita budidayakan dengan begitu kan kita bisa dapat sertifikat dan bisa menunjukkan bahwa ikan koi budaya kita ini memiliki daya saing dan nilai jual yang tinggi,” kata Rully Kencana, salah satu peserta.

Sebagai informasi, kontes ikan koi ini merupakan agenda rutin yang selalu digelar setiap tahunnya. Kegiatan ini sengaja digelar sebagai wadah silaturahmi para pecinta ikan koi yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Gelaran BEN Carnival 2024 Capai 90 Persen, Bakal Hadirkan Kesenian 4 Benua

Selain itu kegiatan ini juga ditujukan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwasanya Kota Blitar adalah salah satu sentra koi terbesar di Indonesia. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini perekonomian peternak ikan koi bisa semakin meningkat.

Yang membuat banyak peternak ikan koi tertarik, bukan hanya uang belasan juta rupiah yang diharapkan namun juga sertifikat untuk meningkatkan daya jual ikan koi hasil budidaya para peternak. blt-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU