Bareskrim Polri Sita Aset Petinggi Net89 SMI

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

SURABAYAPAGI,COM, Jakarta - Aset tersangka yang terlibat dalam kasus penipuan robot trading Net89 PT Simbiotik Multitalenta Indonesia disita oleh Penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri.

Setelah ditetapkannya 8 orang tersangka dalam kasus investasi robot trading SMI Net89, penyidik melakukan penyitaan sejumlah aset milik para tersangka yang diduga merupakan hasil dari kejahatan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Brigjen Pol Ahmad menjelaskan, aset yang disita oleh pihak Kepolisian  berupa satu unit mobil seharga Rp1,5 miliar dari tersangka AL. Selanjutnya dari tersangka Reza Shahrani disita dua unit mobil senilai Rp2,7 miliar dan uang tunai 690 juta.

"Penyidik juga menyita aset dari tersangka RS (Reza Paten) satu buah ikat kepada Rp2,2 miliar dan satu unit sepeda senilai Rp777 juta," ujarnya.

Delapan orang pejabat PT SMI Net 89 telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik. Diantaranya AA selaku pendiri atau pemilik Net89 atau PTSMI, LSH selaku Direktu SMI, ESI selaku member dan exchanger. Kemudian lima sub-exchange, yakni RS, AL, HS, FI dan DA.

Total terdapat 230 korban yang melapor atas kasus ini didampingi kuasa hukum korban. Korban yang berasal dari beragam daerah mengalami kerugian mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 1,8 miliar. Total kerugian yang diderita oleh korban adalah Rp 28 miliar.

Para tersangka melancarkan aksinya dengan berbagai macam cara seperti memakai skema Ponzi, modus MLM, sampai robot trading illegal.

Mario Teguh dan Taqy Malik diperiksa oleh penyidik karena dianggap memiliki hubungan dengan salah satu pelaku yaitu Reza Paten pada Kamis (10/11). Melalui instagramnya, Taqy menjual sepedanya yang merupakan produksi London dan diberli oleh Reza Paten seharga Rp777.777.770. Kehadiran Mario Teguh sendiri karena keterlibatannya menjadi motivator dalam komunitas Sukses 89.

Terakhir juga terdapat Atta Halilintar yang pernah menjual barang dan dibeli oleh Reza. Sedangkan Kevin Aprilio merupakan salah satu korban dari Net 89. fas