Akhir Tahun 2020 Aktivitas Bongkar Muat di Tanjung Perak Kian Membaik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Des 2020 14:58 WIB

Akhir Tahun 2020 Aktivitas Bongkar Muat di Tanjung Perak Kian Membaik

i

Caption: Truk peti kemas saat antri di pintu masuk terminal Berlian,Sabtu (12/12/2020).SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Memasuki penghujung tahun 2020 aktivitas bongkar muat barang peti kemas maupun non peti kemas di beberapa terminal Tanjung Perak kian membaik.

Terminal Nilam misalnya. Dari pantauan wartawan Surabaya Pagi, arus masuk dan keluar truk pengangkut peti kemas sejak pukul 10:15 WIB hingga 10:30 WIB berada di angka 38 truk pengangkut. 

Baca Juga: Arus Petikemas di TPS Surabaya Naik 7,06% Pada Semester I

 Dari 38 truk pengangkut ini, 20 truk mengantarkan peti kemas ke dalam terminal Nilam dan 18 truk lainnya mengangkut barang dari terminal Nilam ke perusahaan. 

Salah satu petugas penjaga pintu masuk terminal Nilam yang tidak ingin menyebutkan namanya mengaku, ramainya arus masuk dan keluar di terminal Nilam sendiri mulai terasa sejak dua bulan terakhir.

 "Ini mulai ramai mas, apalagi hari Senin sampai Sabtu," kata salah petugas penjaga, Sabtu (12/12/2020).

 Berbeda dengan terminal Nilam, terminal Berlian dari pantauan di lapangan sempat terjadi antrian di pintu masuk yang cukup panjang. Antrian panjang ini terpantau sejak pukul 10:45 saat wartawan Surabaya pagi tiba di lapangan dan masih terpantau ramai hingga pukul 12:00.

Kepala bagian (Kabag) Humas Pelindo III, Suryo Khasabu saat dikonfirmasi terkait arus bongkar muat membenarkan akan hal tersebut. 

Baca Juga: Pelindo III Sediakan Sambungan Listrik Darat

 Menurut Suryo, pasca gelombang kedua covid-19 yakni antara bulan September, Oktober dan November, arus bongkar muat menunjukan angka pertumbuhan positif. 

"Mungkin karena (saat ini) bisnis mulai berkembang," kata Suryo saat ditemui di kantor pusat Pelindo III.

 Suryo juga menambahkan, pihaknya juga akan terus mendorong penggunaan teknologi dalam membantu proses bongkar muat di beberapa terminal yang ada di Tanjung Perak.

 Sebagai informasi, terminal Nilam sendiri telah mengalami revitalisasi dari terminal konvensional menjadi terminal modern sejak tahun 2008 lalu. 

Baca Juga: Distribusi Barang di Pelindo III Selama 2020 Capai 284 Juta GT

"Kita terus memaksimalkan penggunaan terminal otomatis yang berbasis teknologi," ucapnya 

Walau sempat mengalami peningkatan selama dua bulan terakhir, secara akumulatif atau data bongkar muat year to year mengalami penurunan yang cukup signifikan.

 "Secara year to year mengalami penurunan 5 persen hingga 9 persen," jelasnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU