Idap Gangguan Mental, Sulit Punya Pacar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Jan 2021 21:13 WIB

Idap Gangguan Mental, Sulit Punya Pacar

i

Ariel Tatum

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Artis cantik Ariel Tatum mengungkap mengenai kondisi kesehatan mentalnya. Ia mengaku mengidap penyakit Borderline Personality Disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang.

Baca Juga: Tak Tega dengan Tiko, BCL Pikir-pikir Punya Anak Lagi

Gangguan mental ini membuat Ariel Tatum susah intim dengan seseorang dalam hal pacaran. Menurutnya, dibutuhkan usaha yang lebih dalam hal menjalin hubungan intim dengan seseorang.

Keterbukaan masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan mental dan memproteksi diri sendiri membuat gadis 22 tahun ini tergerak untuk buka suara tentang penyakitnya.  "Aku tersentuh untuk, kayaknya sudah saatnya cerita what I've been through, pengalaman aku sendiri, and do something about it," kata Ariel Tatum, Selasa (5/1/2021).

Ariel bercerita, ketika masih berjuang untuk melawan gangguan mental BPD, Ariel nyaris berulang kali melakukan percobaan bunuh diri. Dia sendiri sudah didiagnosa mengidap Borderline Personality Disorder sejak usia 18 tahun. Gangguan mental tersebut baru dilabeli kepadanya setelah bertahun-tahun menjalani terapi. Dijelaskan oleh Ariel, dirinya sudah menjalani terapi sejak usia 13 tahun.

Memilih untuk mendatangi ahli kejiwaan di awal usia remaja dikarenakan Ariel Tatum kerap terpikir untuk bunuh diri. Dia juga termasuk orang yang sering melukai dirinya sendiri. "Waktu itu yang membuat aku memutuskan bahwa aku butuh bantuan profesional adalah aku suicidal. Aku punya kecenderungan self-harm dan juga pikiran bunuh diri. Jadi memang aku merasa ada yang salah memang pas aku umur 13 tahun akhirnya aku memutuskan mencari bantuan profesional. Tapi ketahuan BPD-nya itu setelah bertahun-tahun menjalankan terapi. Jadi aku baru tahu sekitar umur 18 tahunlah," jelasnya.

Baca Juga: Tamara Tyasmara, Teriaki Eks Pacar "Pembunuh"

Orang tua Ariel Tatum sempat tidak tahu soal kondisi mental anaknya. Perempuan yang kini aktif menyuarakan soal kesehatan mental lewat media sosialnya itu menyebutkan bahwa dirinya baru memberi tahu soal sakitnya di usia 16 tahun.

Perlu diketahui, Borderline personality disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah sebuah kondisi yang muncul akibat terganggunya kesehatan mental seseorang. Kondisi ini berdampak pada cara berpikir dan perasaan terhadap diri sendiri maupun orang lain, serta adanya pola tingkah laku abnormal.

BPD dapat menimbulkan gangguan fungsi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan hubungan interpersonal dengan sekitarnya. Gangguan ini umumnya muncul pada periode menjelang usia dewasa, tetapi dapat juga membaik seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Dua Istri Poligami Bertemu, Rukun

Seseorang yang mengidap BPD umumnya memiliki perasaan takut ditolak, cemas, marah, tidak berarti, takut ditinggalkan, atau marah.  Bahkan, mereka juga memiliki kecenderungan menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

Karena penyakitnya itu, ditambah lagi karena dirinya seorang introvert, Ariel Tatum memilih untuk tidak terlalu punya banyak teman. Hingga kini teman terdekatnya adalah Mischa Chandrawinata dan Yuki Kato. Di keluarganya sendiri, Ariel Tatum amat dekat dengan sang adik. er/dsy

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU