Stimulus UMKM, Pemkab Sidoarjo Gelontorkan Rp3,36 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Nov 2021 10:39 WIB

Stimulus UMKM, Pemkab Sidoarjo Gelontorkan Rp3,36 M

i

 Wakil Bupati Sidoarjo Subandi ketika meninjau pameran UMKM di Sidoarjo. ANTARA/ Pemkab Sidoarjo

SURABAYAPAGI, Sidoarjo -  Sebagai upaya untuk memulihkan perekonomian terutama pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur menggelontorkan dana sebesar Rp3,36 miliar.

Pemberian bantuan tersebut diberikan lewat program kredit usaha rakyat daerah Sidoarjo yang gemilang (Kurda Sayang).

Baca Juga: Masa Tanggap Darurat Banjir di Sidoarjo Diperpanjang

"Penyediaan permodalan yang dilakukan Pemkab Sidoarjo diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pelaku UMKM untuk bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19," kata Wakil Bupati Sidoarjo Subandi pada keterangan pers, Sabtu kemarin.

Ia mengatakan, program Kurda Sayang bisa diakses hanya di bank milik Pemkab Sidoarjo, yakni BPR Delta Artha, dengan nilai pinjaman bervariatif mulai dari Rp5 juta hingga Rp50 juta.

"Selain prosesnya mudah cepat suku bunganya juga sangat ringan 0,25 persen perbulan atau 3 persen pertahun. Jauh di bawah suku bunga bank lainnya. Program KUR nasional suku bunganya mencapai 6 persen pertahun," tukasnya.

Ia mengakui, dampak pandemi COVID-19 sungguh dirasakan masyarakat. Perekonomian yang tengah terpuruk diupayakan Pemkab Sidoarjo segera pulih kembali.

Baca Juga: Banjir Surut, Jalan Rusak akan Segera Diperbaiki

"Di sektor UMKM Pemkab Sidoarjo mendorong agar aktivitas perekonomian bangkit kembali seiring dengan status Sidoarjo yang sudah PPKM level 1," tukasnya.

Wabup Subandi mengatakan keberadaan UMKM memiliki peran penting terhadap perekonomian negara. Selain itu keberadaan UMKM ikut mendorong pemerataan perekonomian karena produk-produk UMKM telah mampu menggaet konsumen asing.

"Semakin menjamurnya UMKM dengan produk berkualitas dengan maksud menjangkau pasar luar negeri maka devisa negara pun akan terus tumbuh," ucapnya.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Instruksikan Kerja Bakti Massal Bersihkan Gorong-gorong Saluran Air

Oleh karenanya, lanjut Subandi, UMKM diminta tetap semangat dan yakin bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 dan Pemkab Sidoarjo akan terus mendorong bangkitnya UMKM.

"Permodalan bagi UMKM telah dikucurkan melalui program Kurda Sayang BPR Delta Artha Sidoarjo. Program pinjaman permodalan tersebut menawarkan pengajuan pinjaman yang mudah dan bunga pinjaman yang ringan," katanya. sd1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU