Disnakertrans Jatim Gelar Seleksi Magang ke Jepang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Nov 2021 12:03 WIB

Disnakertrans Jatim Gelar Seleksi Magang ke Jepang

i

Pembukaan rekrut/seleksi  peserta magang Jepang di UPT BLK Singosari, Senin (15/11/2021).SP/UPT BLK Singosari

SURABAYAPAGI, Malang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur menggelar seleksi pemagangan Jepang. Sebanyak 323 orang terdiri dari 306 orang laki-laki dan 17 orang persempuan berasal dari kab/kota di Jatim mengikuti seleksi tersebut.

Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo menjelaskan  pemagangan ke Jepang tahun 2021 sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi pengangguran, program pemagangan bukanlah program yang berorientasi pada upah, namun pemagangan adalah bagian dari sistem pendidikan dan pelatihan kerja. 

Baca Juga: THR Karyawan Wajib Dibayar Maksimal H-7 Lebaran, Disnakertrans Jatim: Tidak Boleh Dicicil

“Untuk itu, pemagangan ke luar negeri seperti ke Jepang harus diniati sebagai belajar. Peserta pemagangan harus menguasai sisi keilmuan maupun etos kerja dan produktivitasnya, ” ujar Kadisnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo saat membuka  pembukaan rekrut/seleksi  peserta magang Jepang di UPT BLK Singosari, Malang , Senin (15/11/2021).

Lebih lanjut Himawan menjelaskan, sesungguhnya pelatihan kerja dengan pola pemagangan luar negeri dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kemampuan SDM dengan standar kompetensi industri multinasional agar mampu bersaing di pasar kerja global, dan  berharap sekembalinya ke Indonesia para peserta pemagangan tersebut bisa berwirausaha atau bekerja di perusahaan.

Provinsi Jatim dalam upaya mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan, beberapa langkah strategis yang telah dan akan dilaksanakan diantaranya lewat peningkatan kompetensi sumber daya manusia Jatim, baik lewat jalur pendidikan formal, pelatihan vokasi maupun lewat program pemagangan baik program magang dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: Disnakertrans Jatim Adakan Pelatihan Pengukuran Produktivitas Perusahaan

Disamping itu hal lain yang dilaksanakan adalah penempatan tenaga kerja di sektor formal, baik di dalam maupun diluar negeri, melalui job market fair (JMF) dengan mekanisme penempatan akal (antar kerja antar lokal), penempatan akad (antar kerja antar daerah) dan program akan (antar kerja antar negara) yang dikenal dengan penempatan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.

 "Kami berharap dengan adanya kegiatan magang ke Jepang bisa menambah kompetensi dan sebagai upaya mengurangi angka pengangguran. Kami juga berharap semua peserta mengikuti serangkain kegiatan proses seleksi ini dengan sungguh-sungguh karena ini untuk kepentingan masa depan anda,” pungkas Himawan Estu Bagijo.

Baca Juga: Disnakertrans Jatim Sebut Tenaga Kerja Disabilitas Masih Jadi PR

Kegiatan seleksi peserta pemagangan Jepang Disnakertrans Jatim tahun 2021 tahun 2021 di laksanakan mulai tanggal 7 s/d 12 nopember 2021, bertempat di UPT BLK Singosari dan lapangan Kostrad Singosari Malang.

Materi seleksi pemagangan Jepang tahun 2021 yakni, pemeriksaan administrasi awal (pendaftaran) oleh panitia daerah, kelengkapan dokumen, dan keaslian dokumen daftar ulang peserta dan tes matematika dasar oleh tim pusat (Kemnakertrans dan IM Japan), meliputi matematika dasar 20 soal dalam 15 menit (minimal betul 14 soal), berlaku system gugur. kom/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU