Pra TMMD ke-114 di Lamongan Mulai, Wujud Nyata Membangun Desa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Jun 2022 16:46 WIB

Pra TMMD ke-114 di Lamongan Mulai, Wujud Nyata Membangun Desa

i

Dandim memukul gong menandai dimulainya Pra TMMD di Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Bertempat di Balai  Desa Tunggunjagir Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, Pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 dimulai oleh Kodim 0812 dengan ditandai pemukulan gong oleh Dandim Letkol Kav Endi siswanto Yusuf, Kamis (30/6/2022).

Pra TMMD dengan kolaborasi bersama Pemda setempat ini, akan mewujudkan pembangunan fisik dan non fisik, dalam rangka membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan daerah, sekaligus membangkitkan kembali budaya gotong royong dalam membangun desa.

Baca Juga: Alumni Akademi TNI-Polri Tahun 2003 Gelar Baksos

Hal ini terlihat dari semangat masyarakat Desa Tunggunjagir bersama TNI bergotong royong dalam peningkatan jalan rabat beton poros Dusun Tunggun menuju Dusun Glendeh Desa Tunggunjagir sepanjang 1.625 m yang ditinjau langsung Sekda Moh Nalikan, Kapolres dan Dandim 0812.

Diungkapkan Dandim 0812 Lamongan Letkol Kav Endi siswanto Yusuf, TMMD ke-114 tersebut akan berlangsung selama 1 bulan dengan sasaran yang telah direncanakan bersama Pemkab Lamongan, masyarakat, dan TNI dalam hal ini Kodim 0812 Lamongan dengan menyasar dua hal yaitu sasaran fisik dan non fisik. 

 

Adapun sejumlah sasaran fisik yang dikerjakan dalam kegiatan TMMD Reguler ke-114 Kodim 0812 Lamongan diantaranya peningkatan jalan poros desa sepanjang 1.625 meter, renovasi 10 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), normalisasi saluran air dan normalisasi Sendang Lumbang.

Sedangkan kegiatan non fisik telah dipersiapkan beberapa kegiatan yakni bantuan paket sembako, santunan kepada fakir miskin, santunan kepada anak yatim, bantuan kepada Lansia dan penyuluhan-penyuluhan dari berbagai dinas.

Baca Juga: Jampidsus, Dijaga Personil Puspom TNI

“Semua sasaran pembangunan ini harus tetap sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat hingga puluhan tahun kedepan,” ucap Letkol Endi Siswanto Yusuf didampingi oleh Kapolres AKBP Miko Indrayana dan Sekda Moh Nalikan bersama jajarannya.

Sementara itu, diungkapkan Sekda Moh Nalikan, berbagai program pembangunan desa dalam mencapai visi terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkeadilan, Pemkab Lamongan telah mulai menyalurkan dana dusun sesuai program Bupati Lamongan yang diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membangun infrastruktur desa.

“Pemkab Lamongan mulai tahun ini juga telah menyalurkan dana dusun seperti program Bupati Lamongan. Sehingga dengan bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur dusun hingga meningkatkan inovasi desa,” terangnya.

Baca Juga: TNI Punya Kowad Pertama Berpangkat Jenderal Bintang Dua

 

Dalam kesempatan tersebut, Moh Nalikan juga mengajak seluruh masyarakat Desa Tunggunjagir untuk ikut berperan aktif dalam mendukung kegiatan TMMD ini.

“TMMD ini sejatinya Ingin memberi pelajaran kepada kita semua tentang gotong royong. Kejayaan Lamongan tidak dapat terwujud tanpa kerjasama seluruh pihak, masyarakat, TNI, Polri, pemerintah semuanya. Untuk itu mari kita semua memupuk gotong royong untuk kemandirian desa,” jelasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU