Gempa Bumi Magnutido 5,8 Guncang Bengkulu Akibat Subduksi Lempeng

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 20 Jul 2022 14:47 WIB

Gempa Bumi Magnutido 5,8 Guncang Bengkulu Akibat Subduksi Lempeng

i

Gempa bumi Magnitudo 5,8 guncang Bengkulu

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gempa bumi mengguncang Bengkulu pada hari ini, Rabu (20/7/2022). Gempa tersebut bermagnitudo 5,8 tersebut dilaporkan oleh BMKG terjadi pagi ini pukul 06.46 WIB. BMKG menyatakan gempa tersebut berpusat di laut. Lokasi gempa berada di 4,33 lintang selatan dan 101,95 bujur timur atau Tepatnya 68 kilometer barat daya Bengkulu dan di kedalaman 16 kilometer. Sejumlah daerah merasakan guncangan gempa ini. Gempa terjadi dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng di zona megathrust.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam siaran persnya menjelaskan bahwa Gempa Bengkulu pagi tadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng dimana Lempeng Indo-Australia menunjam ke bawah Pulau Sumatra di zona Megathrust.

Baca Juga: Pemprov Jatim Siap Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa

Kesimpulan ini diperoleh berdasarkan analisis episenter dan kedalaman hiposenter. Episenter gempa Bengkulu pagi ini terletak pada koordinat 4,33 derajat Lintang Selatan - 101,95 derajat Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 64 Km arah Barat Daya Kota Bengkulu dengan kedalaman 56 km.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa pagi ini memiliki mekanisme sumber pergerakan naik (thrust fault) yang merupakan bukti gempa terjadi di zona megathrust," tambah Daryono.

Dilaporkan BMKG di Kota Bengkulu gempa terasa IV-V MMI hingga warga lari berhamburan keluar rumah..

Berikut ini daerah yang merusakan guncangan dan getaran gempa Bengkulu Rabu pagi ini (dalam skala MMI) :

IV-V Kota Bengkulu

III-IV Kepahiang

Baca Juga: Khofifah Jeli Amati Video Hoaks Gempa di Tuban

III-IV Bengkulu Utara

III Muko-muko

III Krui

II Muara Dua

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Bantuan Logistik hingga Trauma Healing Terpenuhi

II Lubuk Linggau

II Musi Rawas

"Bengkulu merupakan daerah rawan gempa dan tsunami, sehingga upaya mitigasi gempa dan tsunami secara kongkret wajib diwujudkan untuk mengurangi risiko bencana yang dapat terjadi lagi di masa yang akan datang," tutup Daryono.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa Bengkulu ini tidak berpotensi tsunami. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU