Jumlah Investor Terus Meningkat, Namun Pemahaman Kripto Indonesia Masih Rendah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Okt 2022 12:59 WIB

Jumlah Investor Terus Meningkat, Namun Pemahaman Kripto Indonesia Masih Rendah

i

Foto ilustrasi.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Jumlah investor kripto di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap waktu. Kendati demikian, ternyata pemahaman masyarakat di Indonesia terkait investasi aset kripto dianggap belum terlalu mendalam sehingga perlu upaya edukasi dan literasi berkelanjutan.

Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), total investor kripto sampai akhir Agustus 2022 mencapai sebanyak 16,1 juta investor. Jika dibandingkan dengan data pada akhir 2021 sebanyak 11,2 juta investor, jumlah ini naik sebanyak 43,75 persen.

Baca Juga: Puluhan Investor Ngantri, Siap Sulap Kota Madiun Bertaraf Global

"Edukasi dan literasi mendalam masih menjadi pekerjaan utama bagi kami para pelaku industri. Meskipun jumlah investor kripto sudah cukup banyak, namun pemahaman mendalam mengenai kripto belum terlalu dalam," kata CEO Indodax Oscar Darmawan dalam keterangan resminya, Selasa (18/10/2022).

Baru-baru ini, aktris Natasha Wilona resmi menjadi member prioritas dari Indodax. Oscar pun menyambut baik dan meyakini bergabungnya Natasha Wilona sebagai member Indodax Prioritas dapat menyebarkan semangat, minat, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap investasi aset kripto di Indonesia secara lebih luas dan masif.

"Dengan kedatangan Wilona, saya berharap dapat menyebarkan semangat, minat, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap investasi aset kripto di Indonesia secara lebih luas dan masif. Saya melihat bahwa prospek investasi kripto di Indonesia ini memang masih sangat besar kedepannya," ujarnya.

Baca Juga: Kantor BUMN Pindah ke IKN, Erick Thohir Cari Investor Kelola Aset Gedung di Jakarta

Dengan kampanye Indodax #JadiSefrekuensi yang sedang berjalan saat ini, Natasha Wilona menjadi representasi masyarakat Indonesia untuk dapat bersama sama belajar kripto dengan Indodax.

Sebagai member prioritas Indodax, Natasha Wilona mengajak generasi muda untuk bisa mengenal investasi kripto lebih baik lagi. Kehadirannya juga diharapkan dapat membantu Indodax memberikan literasi terkait kripto dan blockchain di Indonesia secara lebih luas lagi. Dalam kesempatan itu, Wilona menyebut, ivestasi itu tidak melulu harus membutuhkan uang atau modal yang banyak.

"Karena di zaman sekarang, terutama untuk generasi muda, belum tentu bisa mengumpulkan uang untuk berinvestasi di produk yang membutuhkan uang banyak untuk membelinya," ucap Wilona.

Baca Juga: Laris Manis, 300 Investor Asing Antre Tanam Modal di Proyek Pembangunan IKN

Ia pun mengajak calon investor kripto, khususnya generasi muda, untuk mencari tahu terlebih dahulu seluk beluk platform investasi aset kripto. Di antaranya dengan mengetahui rekam jejak, pelaporan pajak, hingga keamanan dari platform tersebut.

"Dengan adanya investasi digital, kita merasa lebih mudah karena kita bisa belajar langsung dari internet atau tanya ke tim customer service-nya, jadi lebih banyak panduannya. Kita juga tidak perlu takut harus mengeluarkan uang dalam jumlah sangat besar di samping harus memilih platform yang aman juga," pungkasnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU