Pantau Nataru, Komisi D Pastikan Keselamatan Penumpang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 26 Des 2022 19:13 WIB

Pantau Nataru, Komisi D Pastikan Keselamatan Penumpang

i

Ketua Komisi D DPRD Jatim dr Agung Mulyono di Terminal Bungurasih, Senin 26/12/2022. SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Keselamatan dan kenyamanan penumpang saat mudik Natal dan Tahun Baru 2023 menjadi perhatian utama Komisi D DPRD Jatim. Salah satunya adalah mengecek kesehatan para sopir bus karena padatnya trayek.

Hal itu dikatakan oleh Ketua komisi D DPRD Jawa Timur dr Agung Mulyono saat menggelar sidak di terminal Bungurasih, Sidoarjo pada Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Diskusi Panel BUMD Outlook 2025 Hasilkan Sejumlah Gagasan Produktif

"Yang penting keselamatan dan kenyamanan (penumpang). Karena (sopir) sehari bisa empat trayek. Secara prinsip Nataru kemarin sukses dan pertahankan ini. Tingkatkan pelayanannya dan jangan sampai ada masyarakat terlantar," katanya.

Bendahara DPD Demokrat Jatim itu mengatakan, dari data yang didapat, puncak arus mudik Natal terjadi pada tanggal 24 Desember 2022 dengan jumlah pemudik mencapai 13 ribu penumpang.  Dia berharap agar petugas benar-benar mengecek kesehatan para sopir, agar berkendara secara aman di jalan.

"Kemungkinan terjadi penambahan penumpang lagi menjelang tahun baru pada tanggal 30 dan 31," tambah putra kelahiran Banyuwangi itu.

Alumnus Fakultas Kedokteran (FK) Unair itu menilai pelayanan yang diberikan petugas di terminal Bungurasih sudah berjalan optimal. Dia mengucapkan terimakasih terhadap Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, BPBD, jajaran kepolisian, Kementerian Perhubungan (Kemehub) yang bekerja secara optimal menjamin kelancaran mudik Natal dan Tahun Baru 2023.

Dari pantauan, tidak terdapat penumpukan penumpang di tempat pemberangkatan. Lalu-lintas saat keberangkatan bus dari terminal Bungurasih juga berjalan sangat lancar.

Baca Juga: Tangki Pertamina Bocor, Pj Gubernur dan DPRD Minta Pertamina SKK Migas Tanggung Jawab

Hanya saja, dia mewanti-wanti agar harga tiket bus tetap bisa dikontrol agar tidak menyulitkan masyarakat yang ingin merayakan liburan tahun baru 2023 mendatang.

"Tapi secara umum baik-baik saja, masih tertangani bus tercukupi dan tidak ada penumpang terlantar. Relatif bagus, nyaman dan terjangkau harganya. Surabaya-Malang Rp 35 ribu patas dan ekonomi Rp 16 ribu," tambahnya.

Legislator Demokrat dari Dapil Banyuwangi-Situbondo-Bondowoso itu berharap agar pelayanan terminal Bungurasih ditingkatkan, agar penumpang bisa nyaman saat datang dan berangkat dari terminal tersebut.

Baca Juga: Komisi B DPRD Jatim Lanjutkan Pembahasan Raperda Industri Hasil Tembakau

Dari pantauan, sidak ke terminal Bungurasih itu juga diikuti oleh anggota Wakil Ketua DPRD Jatim Mohamad Ashari, Sekretaris Dinas (Sekdis) Dishub Jatim Padelan, jajaran kepolisian, Kemenhub dan BPBD Jatim.

Kepada wartawan, Ashari menyebut kinerja Dishub Jatim yang sudah melayani penumpang secara maksimal, saat mudik Natal dan Tahun Baru 2023. Politisi Nasdem itu memberi masukan, agar kru bus tetap menunggu penumpang di shelter bawah, untuk menjaga kenyamanan penumpang.

"Pelayanan di terminal Purabaya saya lihat sangat baik, terutama kebersihannya," katanya. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU