Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya akan Support Penuh Pembenahan Pasar Tradisional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Jan 2023 17:16 WIB

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya akan Support Penuh Pembenahan Pasar Tradisional

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Guna membangkatkan pasar tradisional di Surabaya, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni akan mensupport penuh agar pasar semakin hidup dan menggeliat ekonominya. Di tengah kondisi pemulihan ekonomi, pasca PPKM dicabut oleh pemerintah.

"Kami di DPRD Surabaya mensupport atas pembenahan pasar yang akan dilakukan tahun ini. Dan diharapkan selain ekonomi menggeliat juga menjadi alternatif destinasi wisata di Surabaya,"ungkap Reni.

Baca Juga: Pasca Idul Adha, Harga Cabai di Pasar Sumenep Berangsur Normal

Reni mengatakan, revitalisasi pasar juga harus dihitung secara cermat, tak hanya itu PD Pasar juga harus memikirkan nasib pedagang dan juga pekerja lepas di dalam pasar. Jangan sampai merugikan. Apabila memang dirasa perlu untuk relokasi juga harus dipikiran keuntungan dan kerugiannya.

"Saya ingatkan bahwa perbaikan infrastruktur itu harus dibicarakan ke pedagang jangan sampai merugikan pedagang ini yang harus diperhatikan dan hati-hati. Jangan sampai mangkrak juga,"katanya.

Reni menuturkan, hingga saat ini setidaknya terdapat 67 pasar yang dikelola PD Pasar Surya Kota Surabaya. Jumlah tersebut tak sedikit. Untuk itu, Pemkot perlu mendata dan melakukan mapping mana pasar yang sepi serta harus segera direvitalisasi.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

Beberapa hal penting menjadi catatan Reni perihal revitalisasi pasar. Diantaranya, infrastruktur yang bagus harus diberikan. Dengan begitu, kenyamanan penjual dan pembeli di pasar terjamin. Orang-orang juga tertarik datang ke pasar. Selain kenyamanan, keamanan dari kriminalitas maupun kebakaran juga wajib dipertimbangkan.

“Prinsipnya, rencana apapun terkait pembangunan yang dilakukan di pasar, harus melibatkan pihak pedagang. Sosialisasi wajib dilakukan, duduk bersama dan sharing juga patut diagendakan sebelum revitalisasi. Jangan sampai, ketika pembangunan dilangsungkan, kegiatan jual-beli malah terganggu dan pendapatan pedagang berkurang,” tutur Reni.

Direktur Utama PD Pasar Surya Agus Priyo mengatakan, bakal menampung semua saran karena seluruhnya bagus. Pihaknya bakal menggali lebih dalam untuk melihat dari segi mana pasar bisa dikembangkan. “Kami akan kaji. Jika perlu peningkatan bangunan atau penambahan lantai, akan kami lakukan,” ungkapnya.

Baca Juga: Beras SPHP Muncul Kembali di Pasar Tradisional dan Retail Modern

Agus Priyo mengungkapkan, tahun ini terdapat 4 pasar yang diajukan untuk revitalisasi. Yakni, Pasar Pabean, Pasar Kembang, Pasar Pucang Anom, dan Pasar Tunjungan.Jika pembangunan berjalan lancar, maka Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di luar juga bisa masuk ke pasar sehingga lebih tertib.

“Kami sadar benar bahwa potensi pasar sangat tinggi. Misalnya, Pasar Pabean yang merupakan pasar ikonik ini. Saat tahun baru pendapatan ikan melonjak 100 persen. Untuk itulah kami lakukan revitalisasi pasar secara bertahap namun pada akhirnya menyeluruh,” ungkap Agus Priyo. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU