Polres Perak Amankan 5 Pelaku Curanmor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Mar 2023 17:07 WIB

Polres Perak Amankan 5 Pelaku Curanmor

i

Para pelaku curanmor ditampilkan saat rilis. SP/Ariandi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menangkap lima orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di sejumlah lokasi di Kota Surabaya.

"Dari lima pelaku yang kita amankan yakni, MPT, MR (34) FS, (20) AGS, (45) SL ARFN (38) dan AP (43) semuanya merupakan warga Surabaya," kata Kapolres Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Herlina, Pada Jumat (24/03/2023). 

Baca Juga: Polres Bangkalan Tangkap 2 Oranga Komplotan Curanmor

Menurut Herlina, lima pelaku yang diamankan tersebut merupakan dalam kasus yang sama. Mereka diamankan petugas beberapa hari yang lalu setelah dilaporkan korbannya melakukan pencurian di beberapa tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda.

Kejadian pertama pada Sabtu 18 Maret 2023, dengan dua orang pelaku pencurian motor, yang beraksi di belakang toko Salwa, Jalan Ketapang Ardiguno Surabaya. Satu pelaku AGS berhasil kita tangkap setelah ditinggal kabur oleh temannya berinisial H (DPO).

Pelaku AGS ini kepergok setelah mencongkel motor Honda Vario dengan nopol L- 5622- IE, di belakang toko Salwa Jalan Ketapang Ardiguno Surabaya Jawa Timur. 

Kapolres mengatakan, jika dua pelaku awalnya berkeliling menggunakan satu motor. Untuk mencari sasaran pencurian motor di wilayah Ketapang Adiguno Surabaya. 

"Begitu melihat sasaran, keduanya lalu berbelok ke toko Salwa, dan di tempat tersebut mereka berusaha mengambil satu motor honda vario 125," ungkap Herlina. 

Baca Juga: Polsek Sukolilo Ringkus DPO Pelaku Curanmor di Kostnya

Herlina mengungkapkan, ketika pada saat didorong dan hendak akan dibawa kabur motor curian tersebut, pelaku kepergok oleh salah satu security dan sontak berteriak maling. 

"Kejadian kedua, dengan kasus yang sama dua pelaku pada saat itu berkeliling mencari sasaran pencurian motor, dimana pada saat pelaku menemukan sasaran seorang penjual bubur Sum-sum yang baru saja buka stan jualan, motor di gasak oleh pelaku," kata Herlina. 

Herlina menjelaskan, setelah adanya kejadian polisi melakukan pengejaran dan akhirnya satu pelaku bernama (Rifai) berhasil ditangkap petugas mereka bertugas untuk mengawasi situasi atau lokasi sekitar, sementara itu salah satu rekannya (Saliman) berpura-pura membeli bubur Sum-sum tersebut. 

Kemudian, satu pelaku bernama (Imam) bertugas bagian pemetik mengambil sepeda motor korban, dan pada saat motor tersebut dicuri di dalam jok terdapat satu handphone milk korban.

Baca Juga: Melawan Petugas, Dua Pelaku Curanmor Dihadiahi Timah Panas

Sementara itu, dari pengakuan pelaku (Rifai) selain melakukan aksi pencurian kendaraan bermotor mereka juga bertugas menjual barang-barang hasil curian tersebut. 

Pada saat melakukan aksi pencurian komplotan tersebut, berkeliling bersama rekannya yang bernama Topan, Doni dan Yunus (DPO). 

Mereka mencari sasaran sepeda motor di Jalan Kalianak Timur Surabaya, dengan melihat situasi sekitar jika dirasa aman para komplotan tersebut mengambil secara paksa sesuai target sasaran. Ari

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU