Stan Pasar Turi Wajib Buka Serentak pada 1 April 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Mar 2023 16:09 WIB

Stan Pasar Turi Wajib Buka Serentak pada 1 April 2023

i

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Pemkot Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Seluruh pedagang Pasar Turi Baru (PTB) Surabaya diwajibkan untuk membuka stan mereka secara serentak mulai 1 April 2023 mendatang.

Rencana tersebut merupakan hasil kesepakatan dalam audiensi bersama perwakilan pedagang, manajemen Pasar Turi Baru, dan pemkot yang berlangsung di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga: Kekerasan Ameng, Anak Pendiri Resto Hainan

Hal ini diminta Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi demi bisa membangkitkan kembali kegiatan ekonomi di Surabaya.

"Saya hanya ingin Pasar Turi balik ramai. Yang punya stan, saya minta semuanya dibuka. Tanggal 1 April, saya minta semuanya buka. Saya akan bikin momen besar, tapi saya minta dibuka semua," kata Eri seusai pertemuan, Jumat (24/3/2023)

Sejumlah pedagang yang hadir, pemilik beberapa stan di Pasar Turi Baru, lanjut Eri, mengaku rela menyewakan stannya secara gratis pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai bentuk mendukung rencana kembali bangkitnya PTB.

"Kalau (stan) Pasar Turi ini semuanya buka maka orang akan banyak pilihan sehingga (orang) akan datang itu nyaman, tetapi kalau masih banyak yang tutup, ya tidak mungkin wong teko (orang datang)," ujarnya.

Untuk mendukung kembali dibuka Pasar Turi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga bakal menggratiskan parkir.

"Tadi kita rembuk juga dengan teman-teman manajemen, dalam satu minggu ke depan setelah tanggal 1 April, parkir akan digratiskan. Sehingga banyak orang yg akan hadir. Event-event pemkot akan saya letakkan di sana juga sehingga akan menarik orang untuk datang sampai dengan Hari Raya Idul Fitri," terangnya.

Tak hanya itu, sejumlah event juga akan dilaksanakan di Pasar Turi hingga Lebaran mendatang. Event-event diharapkan mampu menarik pengunjung datang hingga Hari Raya Idulfitri.

Baca Juga: Jaga Produksi Pangan, BULOG Tanam 570 Bibit Pohon di DAS Brantas

"Kalau masih ada permasalahan service charge dan macam-macam, silakan mengajukan secara pribadi kepada manajemen pengelola, bukan digebyah uyah (disamaratakan). Jadi, permasalahan satu orang, tidak untuk semua orang," tuturnya.

Eri juga menjanjikan perpanjangan sewa stan Pasar Turi bagi pedagang yang mengikuti arahan buka serentak. Artinya, pedagang yang mengikuti arahan Pemkot akan diberikan tambahan perjanjian sewa selama 10 tahun ke depan

"Hitungannya sejak mereka masuk, itu berarti sejak mereka buka. Kalau dia tidak buka berarti tidak masuk, kami juga tidak bisa kasih perpanjangan 10 tahun," ucapnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Pasar Turi Baru Teddy Supriyadi mengatakan, saat ini ada sebanyak 900 stan yang sudah dibuka dari jumlah seluruhnya 4.500 stan. Artinya, secara persentase sekitar 15 persen stan yang telah beroperasi di Pasar Turi Baru.

"Tetapi memang ada perkembangan dari mulai awal buka sampai sekarang. Termasuk juga pertumbuhan terhadap kunjungan, sekarang ini rata-rata kunjungan satu bulan mencapai sekitar 90 ribu pengunjung," ujar Teddy.

Baca Juga: Green Force Run 2024: Meriahkan HUT Persebaya Surabaya ke-97 dan Hari Jadi Kota Surabaya ke-731

Lebih lanjut, Teddy juga memastikan bahwa manajemen akan terus berupaya untuk meramaikan Pasar Turi Baru, salah satunya dengan menggelar event - event untuk memantik pengunjung datang.

"Termasuk juga program-program seperti bazar, bazar Ramadhan, agenda lain seusai kalender yang kami siapkan setiap bulan," ungkapnya.

Bagi pedagang yang tak membuka stan di tanggal tersebut akan terkena denda Rp50 ribu per bulan. Ia menyebut sebenarnya sanksi itu sudah berjalan sejak tahun lalu, namun selama ini tidak dibayar oleh pedagang karena banyak yang tetap menutup stannya. Tapi ia memastikan jumlah itu akan terakumulasi dan wajib diselesaikan ketika pengambilan buku stan.

“Tentu. Pertama denda tutup yang sekarang ditentukan nilainya 50 ribu per hari. Diluar itu juga ada wacana dengan wali kota bagi, yang gak mau, buka maka hak pakai perpanjangannya akan diperhitungkan tertentu saya belum tahu teknisnya tapi bagi yang buka akan diberi tambahan hak pakai stan selama 10 tahun, yang gak buka, tentu gak bisa sama. Kami belum putuskan akan ada kenaikan atau tidak. Salah satu syarat melunasi semua kewajiban dan tunggakan belum selesai termasuk service charge,” tutupnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU